Keluarga

Waspada Bahaya Sinar UV Capai Level Ekstrem di RI Hari Ini!

Waspada Bahaya Sinar UV Capai Level Ekstrem di RI Hari Ini!

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) prediksi akan ada paparan sinar UV berbahaya hari ini, Sabtu, 23 Desember 2023.

Bahaya sinar UV dari level tinggi hingga ekstrem masih meliputi langit di Indonesia. Wilayah yang akan merasakan pertama kali adalah Papua. Wilayah Indonesia paling timur ini akan merasakan bahaya sinar UV sangat tinggi pada pukul 08.00 WIB, 09.00 WITA atau 10.00 WIT. 

Baca Juga: 5 Manfaat Masker Kunyit untuk Wajah yang Bisa Anda Coba

Pada waktu ini, wilayah lain seperti Maluku, Nusa Tenggara dan sebagian Sulawesi Tengah alami bahaya sinar UV tinggi. Sisanya, kecuali Sumatera alami bahaya sinar UV sedang.  

Kemudian pada pukul 09.00 WIB sinar UV berbahaya sangat tinggi sudah menutupi setengah wilayah RI. Puncaknya akan terjadi pada pukul 10.00 WIB seluruh wilayah Indonesia tengah dan timur alami sinar UV berbahaya ekstrem. Hanya Sumatera yang masih alami sinar UV berbahaya sedang. 

Pada pukul 11.00 WIB hingga 12.00 WIB seluruh wilayah RI alami sinar UV berbahaya sangat tinggi dan ekstrem. Kemudian pada pukul 13.00 WIB, wilayah Sumatra dan Jawa masih alami sinar UV berbahaya sangat tinggi. 

Sementara Papua sudah kondusif. Sinar UV berbahaya masih bertahan di wilayah Indonesia barat dan tengah hingga pukul 14.00 WIB atau 15.00 WITA. Kondisi baru aman untuk beraktivitas di luar ruangan setelah pukul 15.00 WIB atau 16.00 WITA atau 17.00 WIT untuk seluruh Indonesia. 

Jika Anda harus beraktivitas di luar rumah sejak siang maka gunakan perlindungan yang diperlukan. Saat Anda terpapar sinar UV yang menunjukkan risiko berbahaya sangat tinggi , Anda berisiko mengalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Baca Juga: Fitur Baru! Begini Cara Bayar PBB lewat m-Banking Danamon D-Bank PRO!

Nah bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung diperlukan semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. 

Sehingga sebaiknya hindari paparan matahari antara pukul 10 pagi hingga 5 sore. Anda juga disarankan tetap berada di tempat teduh pada saat matahari terik siang hari. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat. Hindari juga permukaan pasir, air dan salju karena akan meningkatkan paparan UV. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News