Bugar

Manfaat Konsumsi Alpukat Bagi Kesehatan, Menyehatkan Jantung Anda

Manfaat Konsumsi Alpukat Bagi Kesehatan, Menyehatkan Jantung Anda

MOMSMONEY.ID - Tubuh sehat memerlukan asupan yang sehat, seperti alpukat misalnya. Yuk, ketahui manfaat konsumsi alpukat bagi kesehatan berikut ini. Alpukat, buah yang sering dijuluki superfood, telah menjadi pilihan populer dalam diet sehat karena kandungan nutrisinya yang kaya dan manfaat kesehatannya yang beragam. Lantas, apa saja sih manfaat konsumsi alpukat bagi kesehatan?

Mengutip dari Medical News Today, berikut ini adalah manfaat dari konsumsi alpukat yang bisa Anda dapatkan:

Baca Juga: Menilik Manfaat Buah Kiwi, Dapat Memelihara Kesehatan Jantung!

1. Menyehatkan jantung

Dalam setiap 100 gram alpukat, terdapat sekitar 76 miligram beta-sitosterol, sebuah jenis sterol tanaman alami. Rutin mengonsumsi beta-sitosterol dan sterol dapat mendukung menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap seimbang. Ini merupakan faktor penting untuk menjaga kesehatan jantung.

2. Menjaga kesehatan mata

Alpukat mengandung lutein dan zeaxanthin, dua jenis fitokimia yang ditemukan dalam jaringan mata. Kedua zat ini memberikan perlindungan antioksidan untuk membantu mengurangi kerusakan pada mata, termasuk akibat paparan sinar UV.

Asam lemak tak jenuh tunggal yang terdapat dalam alpukat juga mendukung penyerapan antioksidan larut lemak lainnya, seperti beta karoten. Dengan demikian, menambahkan alpukat ke dalam pola makan dapat membantu mengurangi risiko terkena degenerasi makula terkait usia.

Baca Juga: 3 Resep Olahan Alpukat untuk Menurunkan Kolesterol, Mau Coba?

3. Mendukung kesehatan tulang

Setengah bagian dari alpukat menyediakan sekitar 18% dari nilai harian vitamin K yang dianjurkan. Meskipun sering diabaikan, nutrisi ini memiliki peran penting dalam kesehatan tulang. Mengonsumsi jumlah vitamin K yang cukup dapat memberikan dukungan bagi kesehatan tulang.

4. Mencegah kanker

Penelitian telah menemukan bahwa asupan folat yang optimal terkait dengan penurunan risiko terkena kanker usus besar, lambung, pankreas, dan serviks. Meskipun demikian, mekanisme yang menyebabkan hubungan ini masih belum sepenuhnya dipahami. Setengah bagian dari alpukat mengandung sekitar 81 mikrogram folat, yang setara dengan sekitar 20% dari nilai harian yang direkomendasikan.

Alpukat juga mengandung tingkat tinggi senyawa fitokimia dan karotenoid, yang dapat memiliki sifat anti-kanker. Penelitian telah menunjukkan bahwa karotenoid, khususnya, mungkin melindungi terhadap perkembangan kanker. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memverifikasi hubungan ini.

Baca Juga: Kenapa Setelah Olahraga Badan Sakit? Ternyata Ini Penyebabnya!

5. Menyehatkan janin

Folat memiliki peran penting dalam menjaga kehamilan yang sehat. Konsumsi yang cukup dapat mengurangi risiko keguguran dan cacat tabung saraf. Selama kehamilan, disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 600 mikrogram folat per hari. Sebuah alpukat mungkin mengandung sekitar 160 mikrogram folat. Selain itu, alpukat juga mengandung asam lemak yang diperlukan untuk diet yang sehat dan perkembangan janin yang optimal.

Nah, itulah beberapa manfaat konsumsi alpukat bagi kesehatan. Dengan mengonsumsi alpukat secara teratur, Anda dapat mendapatkan manfaat kesehatan yang beragam ini. Kombinasikan alpukat dengan makanan sehat lainnya sebagai bagian dari pola makan yang seimbang dan aktivitas fisik yang teratur untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News