Bugar

Bisa Turunkan BB, Intip 10 Khasiat Daun Bidara untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Bisa Turunkan BB, Intip 10 Khasiat Daun Bidara untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

MOMSMONEY.ID - Daun bidara yang dikenal dengan nama ilmiah Ziziphus mauritiana adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat kesehatan yang sering terlewatkan. Khasiat daun bidara untuk kesehatan bermanfaat dalam pengobatan tradisional. Namun, tak banyak yang tahu tentang khasiat tersembunyi yang dimilikinya.

Menyadur dari laman Dokter Sehat, berikut adalah sepuluh khasiat daun bidara untuk kesehatan yang jarang diketahui:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Daun bidara membantu dalam penurunan berat badan dengan membuat rasa kenyang lebih lama dan membantu pembakaran lemak, baik melalui konsumsi air rebusan atau the daun ini.

Baca Juga: Wajib Coba, Ini 5 Olahan Dada Ayam untuk Diet yang Enak dan Sehat

2. Merawat Rambut

Daun bidara juga berguna untuk perawatan rambut, di mana air rebusannya bisa digunakan sebagai hair tonic. Penggunaan daun bidar aini dapat membantu menguatkan rambut dan mencegah kerusakan serta kerontokan.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Daun bidara bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Mengonsumsi air rebusan daun bidara merupakan salah satu cara diet yang mendukung kesehatan kardiovaskular.

Baca Juga: Apakah Kuning Telur Mengandung Kolesterol? Ini Aturan Makan Telur yang Aman

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Dikenal karena properti antiinflamasi dan antibakterinya, daun bidara efektif dalam mempercepat penyembuhan luka, termasuk luka sayatan hingga luka bakar, serta membantu dalam regenerasi kulit.

5. Menurunkan Kolesterol

Serat yang larut dalam air dari air rebusan daun bidara dapat mengikat kolesterol di sistem pencernaan dan membantu mengeluarkannya melalui feses. Daun bidara efektif menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL.

6. Menyehatkan Pencernaan

Daun bidara mendukung kesehatan pencernaan. Anda dapat konsumsi  daun ini dalam bentuk rebusan, teh, atau melalui konsumsi langsung buahnya. Daun bidara juga membantu mengeliminasi racun di saluran pencernaan dan mencegah infeksi.

Baca Juga: Mual karena Asam Lambung? Coba 12 Obat Tradisional untuk Asam Lambung Berikut

7. Menurunkan Risiko Diabetes

Mengonsumsi air rebusan daun bidara secara teratur dapat menurunkan kadar gula darah. Bagi penderita diabetes, hal ini penting dilakukan bersamaan dengan pengurangan konsumsi karbohidrat dan gula.

8. Mengobati Wasir

Daun bidara efektif mengatasi wasir dengan cara meminum air rebusannya atau mengaplikasikan langsung pada area yang terkena.

Baca Juga: Boleh Dicoba, Begini 7 Cara Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat

9. Mengatasi Jerawat

Masker daun bidara, yang kaya akan antibakteri, dapat membantu mengatasi jerawat, meremajakan kulit, dan melindungi dari sinar UV, sambil menjaga kebersihan dan kecantikan kulit.

10. Menghilangkan Bakteri

Daun bidara berfungsi sebagai antiseptik alami, sering digunakan dalam pembuatan sabun, dan membantu mengatasi keputihan, mirip dengan manfaat daun sirih.

Nah, itulah beberapa khasiat daun bidara untuk kesehatan yang jarang diketahui. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News