Keluarga

Sering Dianggap Baik, Waspadai Ternyata 6 Suplemen Ini Berbahaya Bagi Tubuh

Sering Dianggap Baik, Waspadai Ternyata 6 Suplemen Ini Berbahaya Bagi Tubuh

MOMSMONEY.ID - Suplemen adalah salah satu produk yang dibutuhkan tubuh karena mengandung beragam vitamin & mineral dalam satu kapsul. Tapi siapa sangka, ada banyak jenis suplemen yang ternyata berbahaya bagi tubuh.

Meski kerap dianggap baik dan berfungsi memenuhi kekurangan vitamin dalam tubuh, namun mengonsumsi sederet suplemen di bawah ini dapat menimbulkan risiko kesehatan serius mulai dari pembekuan darah, gatal-gatal, hingga serangan jantung.

Sebelum mengonsumsi sembarangan suplemen tanpa resep dokter, mari bersama-sama simak apa saja jenis suplemen yang berbahaya bagi tubuh, ini dia.

Baca Juga: 6 Makanan yang Mengandung Vitamin C Lebih Tinggi dari Jeruk

Suplemen vitamin E

Banyak wanita yang mengonsumsi suplemen vitamin E dengan harapan untuk merawat kulit agar tetap halus. Namun kebenarannya, mengutip dari Money Control, suplemen vitamin E dosis tinggi bisa menyebabkan risiko stroke hemoragik, lho!

Vitamin e

Ini didukung oleh penelitian yang menunjukkan bahwa asupan vitamin E berlebih bisa mengganggu pembekuan darah, sehingga sebabkan pendarahan hebat.

Para ahli lebih menyarankan untuk mengonsumsi vitamin E yang berasal dari makanan langsung daripada suplemen. Adapun asupan harian vitamin E yang disarankan adalah sebanyak 15 mg untuk orang dewasa.

Baca Juga: Perbedaan Daging Merah vs Daging Putih, Mana yang Kandungan Nutrisinya Lebih Tinggi?

Obat/suplemen diet

Obat diet adalah salah satu jenis suplemen yang berbahaya bagi tubuh karena memiliki efeksamping meski mengandung herbal sekalipun.

Misalnya, dikutip dari Fakaza News, obat diet yang mengandung ephedura telah dilaran oleh FDA AS karena dikaitkan dnegan penyakit jantung, stroke, dan kematian.

Penelitian yang diterbitkan American Jurnal of Public Health juga menemukan adanya risiko kerusakan hati yang parah akibat mengonsumsi suplemen diet jenis apapun.

Baca Juga: Pusing karena Anemia? Konsumsi 6 Makanan Tinggi Kandungan Asam Folat Vitamin B9

Suplemen kalsium

Kekurangan kalsium memang berbahaya bagi kesehatan tulang. Namun kelebihan kalsium akibat mengonsumsi suplemen kalsium juga bisa menyebabkan risiko berbahaya lainnya, yakni kenaikan risiko penyakit jantung!

Sebuah penelitian dalam American Jurnal of Public Health menembukan bahwa mengonsumsi suplemen kalsium dikaitkan dengan penumpukan plak di arteri (penyebab serangan jantung) dengan risiko yang tinggi.

National Institutes of Health bahkan menyarankan untuk memperoleh kalsium dari makanan daripada suplemen karena penyerapannya oleh tubuh jauh lebih baik.

Adapun jenis suplemen kalsium dengan dosis tinggi yakni jika lebih dari 800 mg – 1.200 mg dalam sehari.

Baca Juga: 7 Gejala dan Tanda Menyeramkan Akibat Kekurangan Magnesium

Suplemen kesehatan

Baca Juga: Betulkah Penderita Diabetes Tipe 2 Kerap Alami Peradangan? Ini yang Harus Dilakukan

Suplemen zat besi

Suplemen zat besi sering dikonsumsi anak-anak & wanita untuk pengobatan kurang darah/anemia. Suplemen ini dapat membantu mengangkut oksigen dalam darah. Namun jika terlalu banyak zat besi, maka ini berubah menjadi racun.

Zat besi berlebih bisa terakumulasi di organ penting seperti hati & jantung, berpotensi menyebabkan hemokromatosis atau gangguan dimana tubuh menyerap zat besi berlebihan.

Baca Juga: Konsumsi Sejak Hamil, Inilah 5 Makanan Murah Pencegah Stunting Pada Anak Sejak Dini

Suplemen beta-karoten

Beta-karoten (pro-vitamin A) merupakan sebuah antioksidan yang berwarna merah-oranye & bisa ditemui pada buah & sayur. Mengonsumsi vitamin A & beta-karoten memang baik bagi penglihatan, namun tidak boleh berlebihan.

wortel

Suplemen beta karoten dapat berbahaya bagi tubuh dan menimbulkan risiko bagi para perokok. Berdasarkan penelitian, mengonsumsi suplemen beta karoten dosis tinggi (di atas 15 mg) meningktkan risiko kanker parut-paru bagi para perokok aktif & pasif.

Tentu ini sangat bertolak belakang dengan fungsi yang bisa diambil apabila mengonsumsi beta-karoten alami dari makanan.

Baca Juga: Konsumsi Rutin, Ini 5 Minuman Detoks yang Bikin Lemak Perut Hancur

Suplemen Niacin (vitamin B3)

Mengutip MSN.com, suplemen niacin bisa berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi dalam dosis tinggi. Kondisi berbahaya ini disebut Niacin Flush. Padahal, sebenarnya Niacin penting untuk tubuh untuk memproduksi energi & sistem saraf.

Kondisi Niacin Flush di antaranya gatal, kulit memerah, dan berdebar kencang.

Itu dia deretan suplemen yang kerap dianggap baik, namun ternyata sangat berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi sembarangan tanpa dosis yang jelas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News