Keluarga

Pusing karena Anemia? Konsumsi 6 Makanan Tinggi Kandungan Asam Folat Vitamin B9

Pusing karena Anemia? Konsumsi 6 Makanan Tinggi Kandungan Asam Folat Vitamin B9

MOMSMONEY.ID - Sering pusing karena kurang darah atau sedang berada di masa kehamilan? Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung asam folat atau vitamin B9.

Melansir dari Times of India, folat (asam folat) atau vitamin B9 merupakan jenis vitamin yang larut dalam air dan memiliki banyak fungsi untuk tubuh.

Sebetulnya, Folat sedikit berbeda dari asam folat. Folat adalah kandungan alami dari vitamin B9 yang terdapat di dalam makanan. Sementara, asam folat adalah bentuk sintesis (buatan) yang biasa hadir dalam bentuk suplemen.

Utamanya, folat berfungsi untuk perkembangan di masa kehamilan dan masa kelahiran bayi, membentuk sel darah merah, mencegah anemia, gangguan jantung, stroke, hingga memproduksi DNA.

Baca Juga: 5 Jenis Makanan yang Melindungi Kulit dari Bentol Gigitan Nyamuk

Berikut ini MomsMoney rangkum deretan makanan yang paling banyak mengandung folat:

Hati sapi

Resep Sambal Goreng Hati Sapi Campur Pete

Hati sapi merupakan sumber alami makanan yang mengandung folat.

Melansir Helath.com, setiap 3 ons hati sapi, tersedia 215 mcg folat yang setara dengan mencukupi 54% nilai harian yang direkomendasikan. Ada pula 24 gram protein, serta vitamin A, B12, dan tembaga di dalamnya.

Sayangnya, tak semua orang dapat mengonsumsi hati sapi. Ini karena kadar kolesterol hati sapi sangat tinggi sehingga harus disesuaikan.

Baca Juga: Awas Jadi Gejala Anemia, Inilah 4 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin B Kompleks

Buah bit

Buah bit

Makanan yang mengandung asam folat atau folat ialah buah bit. Dikenal karena warnanya yang merah mencolok, buah bit mengandung 18 mcg folat, atau setara 37% asupan folat harian yang direkomendasikan.

Berdasarkan penelitian, jus buah bit dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 4-5 mmHg pada orang dewasa sehat, sekaligus sebagai obat hipertensi yang ampuh.

Baca Juga: Sering Lesu? Ini 5 Makanan yang Mengandung Zat Besi Lebih Tinggi dari Daging

Sayuran hijau

Aneka sayuran hijau seperti bayam, sawi, kangkung, selada romaine, brokoli, hingga kubis brussel juga merupakan deretan makanan yang dapat meningkatkan produksi folat secara langsung bagi tubuh.

Contohnya bayam. Melansir dari Unity Point, 1 cangkir bayam mengandung sekitar 100 mcg folat di dalamnya.

Studi menunjukkan, mengonsumsi banyak sayuran hijau berkaitan erat dengan berkurangnya peradangan, risiko kanker, dan penurunan berat badan.

Asparagus

asparagus

Asparagus disebut-sebut sebagai sayuran baik karena berbagai alasan.selain jadi sumber potassium & serat yang tinggi, 4 batang asparagus saja bisa mengandung 86 mcg folat!

Melansir dari Geisinger.org, jika Anda mengonsumsi 1 cangkir asparagus rebus, maka tubuh akan mendapatkan 65% kebutuhan folat harian.

Baca Juga: Perbedaan 6 Jenis Susu Sapi Berdasarkan Tekstur, Rasa, hingga Kandungan Gizinya

Alpukat

Tak kalah tinggi dari makanan lainnya, alpukat mengandung folat sebanyak 90 mcg per 1 cangkirnya. Ini setara memenuhi 21% dari jumlah asal folat yang dibutuhkan tubuh setiap harinya.

Selain itu, menurut Healthline, alpukat juga merupakan sumber lemak baik, vitamin K, C, potassium, dan serat yang baik untuk jantung.

Jeruk

Asam folat

Baca Juga: Kurang Kalsium? Ini 5 Makanan yang Mengandung Kalsium Lebih Tinggi dari Susu

Jeruk kaya akan folat yang bisa perbanyak sel darah merah dalam tubuh. Mengonsumsi 1 buah jeruk ukuran besar sama artinya dengan mengonsumsi 55 mcg folat.

Vitamin C pada buah jeruk juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh & mencegah aneka penyakit saat musim pancaroba.

Fakta lainnya menurut penelitian observasional dalam Helathline menemukan bahwa asupan tinggi jeruk bisa menurunkan risiko 3 jenis kanker: kanker perut, payudara, dan pankreas.

Itulah deretan makanan tinggi kandungan folat atau vitamin B9, yang punya banyak fungsi baik, terutama untuk tumbuh kembang janin dan bayi di masa pertumbuhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News