Bugar

Seberapa Efektif Konsumsi Granola untuk Diet? Yuk, Simak Ulasannya

Seberapa Efektif Konsumsi Granola untuk Diet? Yuk, Simak Ulasannya

MOMSMONEY.ID - Granola sering dianggap sebagai makanan sehat. Makanan ini juga menjadi pilihan populer di kalangan mereka yang ingin menjaga atau menurunkan berat badan. Namun, seberapa efektif granola untuk diet sebenarnya?

Efektivitas Granola untuk Diet

Granola sering dianggap sebagai makanan sehat yang dapat membantu penurunan berat badan. Namun, efektivitasnya sangat bergantung pada jenis produk yang dipilih dan cara konsumsinya.

Produk granola biasanya tersedia dalam bentuk siap makan, seperti sereal, bar camilan, keping, atau dalam kemasan curah, memudahkan konsumsi saat sarapan, makan siang, atau sebagai camilan.

Namun, banyak orang tidak memperhatikan informasi nilai gizi pada kemasan granola. Mereka hanya beranggapan bahwa granola itu sehat tanpa memahami kandungan kalori dan bahan-bahan lain di dalamnya.

Baca Juga: Daftar Makanan yang Mengandung Purin Tinggi, Bisa Sebabkan Asam Urat

Dikutip dari Hello Sehat, dibandingkan dengan oat, granola biasanya mengandung lebih banyak kalori. Sebagai perbandingan, 50 gram oat matang mengandung 150 kalori, 2,5 gram lemak, dan 1 gram gula.

Sementara itu, 50 gram granola mengandung 200 kalori, 5 gram lemak, dan 13 gram gula, atau bahkan lebih, tergantung pada bahan-bahan yang digunakan. Penambahan pemanis dalam granola juga akan meningkatkan jumlah kalori yang ada.

Konsumsi granola yang berlebihan bisa menyebabkan penambahan berat badan karena kalori yang tinggi. Tanpa sadar, mengonsumsi terlalu banyak granola bisa berdampak sebaliknya, yaitu meningkatkan berat badan daripada menurunkannya.

Baca Juga: Apakah Cumi-Cumi Mengandung Kolesterol? Ketahui Faktanya di Sini

Tips Konsumsi Granola untuk Diet

Jika Anda ingin terus menikmati granola untuk diet menurunkan berat badan, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

1. Periksa Informasi Nutrisi

Seperti yang disarankan oleh Milton Stokes, RD, MPH dari WebMD, penting untuk membaca dan memahami kandungan gizi dengan teliti. Pilihlah granola yang memiliki kandungan kalori, lemak, dan gula yang rendah.

Baca Juga: Khasiat Jus Seledri untuk Diet, Cek Juga 10 Manfaat Luar Biasa Lainnya!

2. Buat Granola Sendiri

Untuk pilihan yang lebih sehat, Anda dapat membuat granola sendiri di rumah. Caranya mudah, cukup campurkan oat, kacang-kacangan, dan madu sesuai dengan selera Anda, kemudian panggang hingga berwarna cokelat keemasan.

3. Batasi Konsumsi Granola Sebagai Camilan

Hindari mengonsumsi granola dalam bentuk bar atau kepingan sebagai camilan. Sebagai alternatif, konsumsi granola saat sarapan.

Meskipun demikian, daripada mengonsumsi granola dengan susu, lebih baik tambahkan sedikit granola ke dalam yogurt. Ini dapat menjadi cara efektif untuk mengurangi kalori dari granola yang Anda konsumsi.

Baca Juga: 11 Tips Menjaga Kesehatan Rahim Wanita untuk Meningkatkan Kesuburan

4. Kombinasikan dengan Makanan Sehat Lain

Jangan lupa untuk menyeimbangkan diet Anda dengan mengonsumsi makanan sehat lainnya seperti sayuran dan buah-buahan saat makan siang dan makan malam. Serta, penting juga untuk berolahraga secara teratur.

Nah, itulah ulasan lengkap terkait efektivitas granola untuk diet menurunkan berat badan. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News