Bugar

Daftar Makanan yang Mengandung Purin Tinggi, Bisa Sebabkan Asam Urat

Daftar Makanan yang Mengandung Purin Tinggi, Bisa Sebabkan Asam Urat

MOMSMONEY.ID - Asam urat sering dikaitkan dengan konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi. Purin adalah senyawa kimia yang ditemukan dalam beberapa makanan dan minuman, yang tubuh ubah menjadi asam urat.

Memahami makanan apa saja yang kaya akan purin dapat membantu penderita asam urat mengatur diet mereka untuk menghindari serangan asam urat. Berikut adalah daftar makanan yang mengandung purin tinggi yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat:

Baca Juga: Apakah Cumi-Cumi Mengandung Kolesterol? Ketahui Faktanya di Sini

1. Seafood

Seafood seperti kerang, kepiting, ikan sarden, makarel, dan lobster juga kaya akan purin. Bagi yang mengidap asam urat, penting untuk membatasi konsumsi jenis-jenis seafood ini.

Menyadur dari Good Doctor, berikut adalah penggolongan seafood berdasarkan kandungan purinnya:

  • Sangat Rendah Purin (kurang dari 50 mg): Termasuk telur ikan salmon dan herring.
  • Rendah Purin (50-100 mg): Meliputi belut Jepang, monkfish, kepiting red king, udang botan, organ cumi, dan kaviar.
  • Purin Sedang (100-200 mg): Terdapat salmon, tuna, mackerel, herring, gurita, dan tiram.
  • Purin Tinggi (200-300 mg): Ikan sarden, udang oriental, dan mackerel setengah kering masuk dalam kategori ini.
  • Sangat Tinggi Purin: Umumnya melibatkan ikan atau seafood yang telah dikeringkan, yang prosesnya meningkatkan kandungan purin.

2. Daging Unggas

Daging unggas seperti bebek dan angsa diketahui memiliki kandungan purin yang tinggi, dengan purin antara 100–1000 miligram per 100 gram.

3. Jeroan

Jeroan seperti otak, lidah, jantung, limfa, dan usus juga tinggi purin. Makanan ini bukan hanya kaya purin tetapi juga tinggi kolesterol, yang bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke bila dikonsumsi berlebihan. Konsumsi jeroan dapat memicu gejala asam urat, sehingga sebaiknya dihindari.

Baca Juga: Olahraga Ini Bantu Menurunkan Gula Darah Tinggi Anda, yuk Coba

4. Makanan yang Diawetkan

Purin yang tinggi juga ditemukan dalam makanan kalengan seperti sarden dan kornet, yang perlu dibatasi oleh pengidap asam urat.

5. Buah-buahan Tertentu

Beberapa buah yang berpotensi berubah menjadi alkohol di dalam usus, seperti durian dan alpukat. Buah ini harus dihindari atau dibatasi konsumsinya oleh pengidap asam urat.

Baca Juga: Berikut 7 Rebusan Daun Penurun Gula Darah Secara Alami, Mau Coba?

6. Kaldu Daging

Dikutip dari Halodoc, kaldu daging yang digunakan dalam makanan seperti sup kental, soto ayam, atau opor ayam juga mengandung purin tinggi, sehingga asupannya harus dibatasi.

7. Alkohol

Semua jenis makanan dan minuman yang mengandung alkohol, termasuk arak, anggur, bir, tape ketan, dan makanan beragi, memiliki purin yang tinggi.

Baca Juga: Khasiat Jus Seledri untuk Diet, Cek Juga 10 Manfaat Luar Biasa Lainnya!

Nah, itulah daftar makanan yang mengandung purin tinggi. Penderita asam urat harus membatasi atau menghindari konsumsi makanan tersebut. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Trik Tarot, Saju, dan Shaman Kenali Jodoh di Possessed Love

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News