Bugar

11 Tips Menjaga Kesehatan Rahim Wanita untuk Meningkatkan Kesuburan

11 Tips Menjaga Kesehatan Rahim Wanita untuk Meningkatkan Kesuburan

MOMSMONEY.ID - Menjaga kesehatan rahim adalah kunci utama untuk meningkatkan kesuburan pada wanita. Rahim yang sehat mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal, serta memperbesar peluang keberhasilan kehamilan. Apa saja tips menjaga kesehatan rahim wanita?

Merangkum dari laman Fertility Institute dan Medicover Hospitals, di bawah ini adalah tips menjaga kesehatan rahim wanita yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesuburan:

1. Aktif Bergerak

Jika Anda sering duduk di meja kerja, ini bisa mempengaruhi sirkulasi darah di area panggul, yang dapat memicu penebalan dinding rahim dan meningkatkan risiko endometriosis. Ambil waktu untuk berdiri atau berjalan secara rutin.

Terapkan mindfulness dalam aktivitas harian juga bisa membantu mengurangi stres, yang juga berpengaruh pada kesehatan rahim.

Baca Juga: Kenali Berbagai Risiko Bahaya Aborsi pada Kesehatan Wanita

2. Konsumsi Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh kaya akan serat yang membantu mengelola dan mencegah tumor fibroid. Biji-bijian juga membantu menjaga keseimbangan hormonal dengan menghilangkan kelebihan estrogen dari tubuh. Cobalah untuk mengonsumsi beras merah, gandum, millet, dan roti gandum utuh.

3. Jadwal Tidur yang Teratur

Jadwal tidur yang konsisten sangat memengaruhi keseimbangan hormonal Anda. Cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan. Ini akan membantu menjaga fungsi rahim Anda tetap normal.

4. Hindari Makanan Olahan dan Kemasan

Makanan buatan rumah lebih sehat daripada makanan olahan yang sering mengandung pemanis buatan, pengawet, dan rasa tambahan. Makanan olahan dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon karena kandungan estrogen nabati yang tinggi.

Baca Juga: Khasiat Jus Seledri untuk Diet, Cek Juga 10 Manfaat Luar Biasa Lainnya!

5. Konsumsi Lemon

Lemon kaya akan vitamin C dan memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk sifat anti-karsinogenik dan kemampuan untuk mencegah batu ginjal. Lemon juga membantu meningkatkan kekebalan rahim, sehingga mencegah infeksi.

6. Konsumsi Produk Susu

Produk susu kaya akan kalsium, yang penting untuk menjaga tulang yang kuat dan sehat. Vitamin D juga diperlukan untuk penyerapan kalsium dan dapat membantu mengurangi fibroid. Tambahkan mentega, susu, yogurt, dan buttermilk ke dalam menu makan Anda.

7. Makan Buah-buahan yang Kaya Vitamin C

Konsumsi vitamin C dan bioflavonoid penting untuk pencegahan infeksi rahim dan penguatan sistem kekebalan. Lemon, jeruk, kubis, kiwi, jambu biji, brokoli, dan cabai adalah sumber vitamin C yang baik.

Baca Juga: Apa Penyebab Gula Darah Naik? Ketahui 10 Penyebabnya Berikut Ini

8. Makan Sayuran

Sayuran merupakan sumber serat, vitamin, dan mineral. Sayur juga mengandung fitoestrogen yang membantu mengatur kadar estrogen dalam tubuh dan mengurangi pertumbuhan tumor rahim. Bayam, kangkung, dan selada dapat Anda coba konsumsi.

9. Konsumsi Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung nutrisi yang penting untuk produksi hormon. Makanan ini juga kaya akan asam lemak Omega 3 yang dapat mengurangi kolesterol dan mencegah kanker rahim.

10. Konsumsi Vitamin

Penelitian dari National Institutes of Health menunjukkan bahwa Vitamin D yang cukup dapat membantu mengecilkan fibroid rahim.

Asam folat juga penting, tidak hanya selama kehamilan tapi juga untuk kesuburan. Diskusikan dengan dokter tentang suplemen lain yang mungkin dibutuhkan seperti omega-3, vitamin B12, E, C, zat besi, dan zinc.

Baca Juga: Bisa Dicoba, Ini 10 Rekomendasi Skincare untuk Menghilangkan Bruntusan

11. Kurangi Kafein

Kafein dalam jumlah besar dapat memperparah fibroid dengan meningkatkan produksi estrogen. Studi di Fertility and Sterility menemukan bahwa konsumsi 500 mg kafein per hari dapat meningkatkan produksi estrogen hingga 70%. Cobalah mengganti kopi dengan teh hijau dan kurangi konsumsi kafein secara bertahap.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan rahim wanita untuk meningkatkan kesuburan. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News