Bugar

Rekomendasi Makanan Penurun Darah Tinggi Paling Cepat, Wortel Salah Satunya

Rekomendasi Makanan Penurun Darah Tinggi Paling Cepat, Wortel Salah Satunya

MOMSMONEY.ID - Beberapa makanan dapat menurunkan tekanan darah. Apa rekomendasi makanan penurun darah tinggi paling cepat?

Jika Anda menderita tekanan darah tinggi (hipertensi), penting untuk memperhatikan pola makan Anda. Beberapa makanan dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda secara alami.

Dikutip dari Healthline, di bawah ini adalah makanan penurun darah tinggi paling cepat yang dapat penderita hipertensi konsumsi:

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam kaya akan nitrat tumbuhan yang dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, sayuran ini juga mengandung antioksidan, kalium, kalsium, dan magnesium, yang semuanya mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan.

Baca Juga: Jus untuk Menurunkan Darah Tinggi Paling Cepat, Intip Daftarnya

2. Salmon dan ikan berlemak lainnya

Ikan berlemak mengandung lemak omega-3 yang tinggi, yang dapat mengurangi peradangan dalam tubuh dan secara efektif menurunkan tekanan darah.

Penelitian pada 2022 menunjukkan, konsumsi lemak omega-3 sebanyak 2 hingga 3 gram setiap hari, setara dengan sekitar 3,5 ons salmon, dapat memberikan efek yang signifikan dalam menurunkan tekanan darah.

3. Buah beri

Buah beri kaya akan antioksidan, termasuk anthocyanin, yang mendukung kesehatan jantung dengan meningkatkan level oksida nitrat dalam darah dan menekan produksi molekul yang menghambat aliran darah.

Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi manfaat ini secara lebih luas.

Baca Juga: Selain Memicu Darah Tinggi, Ini Alasan Pentingnya Mengurangi Konsumsi Garam!

4. Wortel

Konsumsi wortel dapat menurunkan risiko hipertensi sebesar 10% untuk setiap 100 gram wortel yang dikonsumsi setiap hari, menurut sebuah studi pada tahun 2023. Wortel mengandung senyawa nabati yang mendukung berbagai fungsi kesehatan, termasuk pengaturan tekanan darah.

5. Yogurt

Yogurt mengandung mineral penting seperti kalium dan kalsium, yang berperan dalam mengatur tekanan darah. Analisis dari 28 studi menunjukkan, konsumsi tiga porsi produk susu setiap hari dapat mengurangi risiko hipertensi sebesar 13%.

Penelitian lain menemukan, konsumsi yogurt secara teratur dapat menurunkan Systolic Blood Pressure (SBP).

Baca Juga: Dikenal Kaya Manfaat, Apakah Alpukat Bisa Menurunkan Darah Tinggi?

6. Buah kiwi

Buah kiwi kaya akan vitamin C, serat, kalium, dan magnesium yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung, termasuk hipertensi. Namun, perlu penelitian lebih lanjut untuk memperkuat efek ini.

7. Kentang

Kentang kaya akan senyawa nabati yang mendukung pengaturan tekanan darah. Sebuah kentang panggang berukuran medium dengan kulitnya dapat memberikan 941 miligram potassium, yang mencakup 20% dari kebutuhan harian dan dapat menurunkan Systolic Blood Pressure (SBP).

Baca Juga: Ketahui Ciri Darah Tinggi Kumat, Sakit Kepala hingga Sesak Napas!

8. Brokoli

Brokoli mengandung antioksidan flavonoid yang dapat menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan kinerja pembuluh darah dan memperbanyak kadar oksida nitrat dalam tubuh.

9. Telur

Studi menunjukkan bahwa konsumsi lima telur atau lebih setiap minggu terkait dengan penurunan systolic blood pressure (SBP) sebesar 2,5 mm Hg. Ini menunjukkan bahwa konsumsi telur secara teratur dapat mengurangi risiko hipertensi dalam jangka panjang.

Baca Juga: 7 Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Cepat dan Efektif

10. Tomat dan produk olahan tomat

Tomat kaya akan kalium dan lycopene, yang terbukti mampu menurunkan risiko penyakit jantung, termasuk pengurangan tekanan darah tinggi. Meskipun demikian, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami efek ini secara lebih mendalam.

Nah, itulah rekomendasi makanan penurun darah tinggi paling cepat. Manakah yang ingin Anda coba setelah ini?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News