Bugar

Jus untuk Menurunkan Darah Tinggi Paling Cepat, Intip Daftarnya

Jus untuk Menurunkan Darah Tinggi Paling Cepat, Intip Daftarnya

MOMSMONEY.ID - Anda dapat mencoba alternatif jus untuk menurunkan darah tinggi paling cepat. Cek daftar jusnya di sini!

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi kesehatan yang serius dan dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, termasuk serangan jantung dan stroke.

Salah satu cara alami untuk membantu menurunkan tekanan darah adalah melalui konsumsi jus buah dan sayur.

Bersumber dari Healthline, ini adalah daftar jus untuk menurunkan darah tinggi paling cepat:

1. Jus delima

Delima kaya akan antioksidan, terutama tanin dan antosianin, yang memiliki efek positif dalam menurunkan tekanan darah. Sebuah studi mengemukakan bahwa konsumsi jus delima secara teratur dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Jus ini juga membantu dalam mengurangi plak pada dinding arteri dan meningkatkan produksi oksida nitrat, yang memperluas pembuluh darah dan memperbaiki aliran darah.

Baca Juga: Penderita Darah Tinggi Harus Makan Apa? Simak 10 Makanan Penurun Darah Tinggi Ini

2. Jus bit

Jus bit merupakan salah satu pilihan terbaik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan nitrat alami dalam bit dapat meningkatkan efisiensi oksigen dalam darah, yang pada gilirannya dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi jus bit secara teratur dapat menurunkan tekanan darah dalam hitungan jam. Selain itu, jus ini juga kaya akan antioksidan dan nutrisi penting lainnya yang mendukung kesehatan jantung.

3. Jus seledri

Seledri telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengendalikan tekanan darah tinggi. Sayuran ini kaya akan fitokimia yang dikenal sebagai ftalida, yang membantu merelaksasi jaringan otot dinding arteri, memperbaiki aliran darah, dan pada akhirnya menurunkan tekanan darah.

Mengonsumsi jus seledri secara teratur dapat membantu dalam mengatur tekanan darah tinggi dan mendukung kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan.

Baca Juga: Selain Memicu Darah Tinggi, Ini Alasan Pentingnya Mengurangi Konsumsi Garam!

4. Jus beri

Beri seperti strawberry, blueberry, dan raspberry, kaya akan flavonoid yang dapat menurunkan risiko hipertensi.

Konsumsi jus berry telah dikaitkan dengan penurunan tekanan darah karena kandungan antioksidannya yang tinggi, yang dapat mengurangi stres oksidatif dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Sebuah studi menemukan bahwa konsumsi blueberry setiap hari dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan.

Itulah daftar jus untuk menurunkan darah tinggi paling cepat yang dapat Anda coba. Ini bisa menjadi cara yang lezat dan menyegarkan untuk membantu mengendalikan tekanan darah.

Penting untuk diingat bahwa meskipun jus ini dapat mendukung kesehatan jantung, minuman ini tidak boleh digunakan sebagai pengganti pengobatan yang diresepkan oleh dokter.

Selalu konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum membuat perubahan signifikan dalam diet atau rutinitas kesehatan Anda, terutama jika Anda sudah mengonsumsi obat-obatan untuk kondisi kesehatan tertentu.

Selanjutnya: Sarana Multi Infrastruktur (SMI) Gencar Tambah Portofolio Pendanaan Proyek EBT

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News