Bugar

Dikenal Kaya Manfaat, Apakah Alpukat Bisa Menurunkan Darah Tinggi?

Dikenal Kaya Manfaat, Apakah Alpukat Bisa Menurunkan Darah Tinggi?

MOMSMONEY.ID - Anda sudah tidak asing lagi dengan alpukat. Dalam upaya untuk mengelola hipertensi, banyak orang mencari solusi alami termasuk pengaturan pola makan. Salah satu makanan yang sering dikaitkan dengan manfaat kesehatan, termasuk menurunkan tekanan darah, adalah alpukat.

Namun, apakah benar alpukat bisa menurunkan darah tinggi? Mari simak penjelasannya berikut ini.

Kaitan antara alpukat dan tekanan darah

Melansir dari Health Harvard Edu, alpukat kaya akan serat, dimana satu porsi alpukat bisa memberikan hingga 20% dari kebutuhan serat harian yang direkomendasikan.

Diet yang kaya serat telah terbukti dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebanyak 30%. Tidak hanya itu, konsumsi alpukat juga membantu menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan bahkan berat badan.

Selain itu, alpukat mengandung berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan jantung. Setengah buah alpukat menyediakan 15% dari asupan folat harian yang direkomendasikan (vitamin B9), 10% kalium, dan 5% magnesium, serta berbagai senyawa nabati yang disebut fitokimia.

Baca Juga: Manfaat Konsumsi Alpukat Bagi Kesehatan, Menyehatkan Jantung Anda

Cara mengonsumsi alpukat untuk kesehatan 

Memasukkan alpukat ke dalam pola makan seimbang dapat mendukung kesehatan jantung secara umum. Berikut adalah beberapa cara sederhana untuk menambahkan alpukat ke dalam menu diet Anda:

  • Salad alpukat: Tambahkan potongan alpukat segar ke dalam salad untuk meningkatkan kandungan nutrisi dan rasa.
  • Guacamole: Buat guacamole dengan mencampurkan alpukat matang dengan tomat, bawang merah, jus lemon atau lime, dan sedikit garam. Gunakan sebagai saus untuk sayuran segar atau tortilla.
  • Smoothie alpukat: Campur alpukat dengan buah-buahan lainnya, yogurt rendah lemak, dan es untuk membuat smoothie sehat.
  • Roti alpukat: Oleskan irisan alpukat pada roti gandum sebagai pengganti mentega atau selai.

Baca Juga: 3 Resep Olahan Alpukat untuk Menurunkan Kolesterol, Mau Coba?

Demikianlah pembahasan terkait alpukat bisa menurunkan darah tinggi. Meskipun alpukat mengandung nutrisi yang berpotensi menguntungkan kesehatan jantung, termasuk kalium yang dapat membantu mengatur tekanan darah, bukti ilmiah tentang efek langsung alpukat terhadap tekanan darah masih terbatas.

Namun, mengonsumsi alpukat sebagai bagian dari pola makan yang seimbang dapat membantu mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan. Tetaplah berkonsultasi dengan profesional kesehatan Anda untuk rekomendasi spesifik terkait diet dan pengelolaan tekanan darah.

Selanjutnya: Analis Rekomendasikan Beli Saham HM Sampoerna (HMSP), Ini Alasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News