Bugar

Punya Segudang Khasiat, Yuk Ketahui Manfaat Melon untuk Kesehatan!

Punya Segudang Khasiat, Yuk Ketahui Manfaat Melon untuk Kesehatan!

MOMSMONEY.ID - Melon adalah buah yang tidak hanya lezat dan menyegarkan, tetapi juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Dengan rasa manis dan tekstur yang lembut, melon menjadi salah satu buah favorit banyak orang. Namun, tahukah Anda bahwa melon juga memiliki segudang khasiat untuk kesehatan? Mari kita simak berbagai manfaat melon untuk kesehatan berikut ini.

Kandungan nutrisi melon

Meski rendah kalori, melon merupakan sumber nutrisi esensial seperti vitamin C dan kalium. Menyadur dari Health, sepotong melon menyediakan nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 54
  • Lemak: 0,3 g
  • Natrium: 25 mg
  • Karbohidrat: 13 g
  • Serat: 1,4 g
  • Protein: 1,3 g
  • Vitamin C: 58,7 mg
  • Kalium: 427 mg

Baca Juga: Bukan Beras Putih, Ini Pilihan Beras yang Ramah untuk Penderita Diabetes!

Manfaat melon untuk kesehatan

Adapun manfaat melon untuk kesehatan melansir dari laman Hello Sehat sebagai berikut:

1. Menyediakan nutrisi untuk ibu hamil

Ibu hamil membutuhkan asupan vitamin dan mineral yang lebih tinggi. Melon bermanfaat bagi ibu hamil karena kandungan kaliumnya yang membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung, vitamin C yang memperkuat sistem imun, dan vitamin B6 yang mendukung pertumbuhan tulang belakang janin.

2. Mencegah dehidrasi

Kekurangan cairan dalam tubuh dapat mengganggu fungsi tubuh. Selain minum air, mengonsumsi buah dengan kandungan air tinggi seperti melon dapat membantu mencegah dehidrasi.

Dua potong melon mengandung sekitar 159 gram air, yang setara dengan setengah gelas air. Mineral-mineral dalam melon juga dapat membantu mengembalikan elektrolit dalam tubuh Anda.

Baca Juga: Rekomendasi Minuman Buka Puasa untuk Penderita Asam Lambung, Cek yuk!

3. Menurunkan tekanan darah

Diet yang kaya akan sayuran dan buah, termasuk melon yang rendah natrium dan kaya akan kalium, dapat membantu menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung.

4. Manfaat melon untuk pencernaan

Melon dapat menjadi solusi bagi Anda yang mengalami kesulitan buang air besar, berkat kandungan air dan seratnya. Asupan air dan serat akan membuat feses lebih lunak dan mudah dikeluarkan dari tubuh.

Baca Juga: Benarkah Nasi Putih Bisa Sebabkan Diabetes? Ini Kata Studi

5. Meningkatkan kualitas tidur

Melon mengandung vitamin B6 yang merangsang produksi serotonin, zat kimia otak yang membantu menstabilkan suasana hati dan meningkatkan kualitas tidur.

6. Memperkuat sistem imun dan mencegah infeksi

Melon kaya akan vitamin C yang membantu memperkuat sistem imun tubuh dan melindungi jaringan tubuh dari kerusakan saat melawan kuman.

Baca Juga: Apakah Daun Singkong Menyebabkan Darah Tinggi? Inilah Jawabannya

7. Membantu mengontrol gula darah

Meski manis, melon aman dikonsumsi oleh penderita diabetes karena kandungan air dan seratnya yang memperlambat penyerapan gula dalam tubuh.

8. Manfaat melon untuk mata

Melon mengandung lutein, zeaxanthin, dan karotenoid yang dapat membantu melindungi jaringan mata dan mengurangi risiko kerusakan mata akibat sinar matahari dan faktor lingkungan.

Baca Juga: Aman dan Sehat, Inilah Sayuran Hijau yang Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

9. Manfaat melon untuk kulit

Konsumsi melon dapat membantu mencerahkan kulit secara alami. Ini berkat kandungan vitamin C yang penting untuk pembentukan kolagen, serta antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan radikal bebas.

Nah, itulah sejumlah manfaat melon untuk kesehatan. Selain menyegarkan, melon juga menyehatkan. Jadi, apakah Anda tertarik untuk memasukkan melon ke dalam daftar buah harian?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News