Keluarga

Yuk Mulai Pola Hidup Sehat, Ini Cara Mencegah Mandul Pada Pria

Yuk Mulai Pola Hidup Sehat, Ini Cara Mencegah Mandul Pada Pria

MOMSMONEY.ID - Simak cara mencegah kemandulan pada pria, mulai dengan mengubah pola hidup jadi lebih sehat!

Melansir News Medical & Life Sciences, lebih dari 7% pria Amerika Serikat yang aktif secara seksual berusia di bawah 45 tahun didiagnosa memiliki masalah dengan kesuburannya di tahun 2002.

Dari hasil di atas 14% didiagnosa karena ada masalah pada spermanya. Sedangkan 6% karena adanya menderita verikokel. 

Baca Juga: Manfaatkan Live Stream Snack Video Buat Berwirausaha Yuk, Begini Tipsnya

Kesuburan pada laki-laki bisa dievalusi melalui pemeriksaan jumlah sperma, kemampuan sperma bergerak dan bentuk sperma. Jika ada masalah pada ketiganya dapat dikatakan bahwa pria tersebut mengalami kemandulan. 

Setelah menikah, tentu bagi beberapa pasangan mengharapkan kehadiran buah hati. Mereka berharap baik dirinya maupun pasangan tidak memiliki masalah kesuburan alias mandul. Lalu bagaimana cara mencegah kemandulan pada pria?

Jika masalah kemandulan terkait dengan adanya masalah fisik, maka kemandulan tidak dapat dicegah.  Namun jika infertilitas disebabkan masalah produksi sperma, maka kemandulan dapat dicegah bahkan disembuhkan. 

Cara mencegah kemandulan pada pria yang paling utama adalah menjaga pola hidup yang sehat. Berikut saran yang bisa Anda lakukan:

Hindari memiliki berat badan berlebih
Kelebihan berat badan seringkali dikaitkan dengan masalah produksi sperma. Sehingga ada baiknya untuk menjaga berat badan tetap ideal. 

Hindari minum alkohol, merokok dan mengonsumsi obat-obatan terlarang
Ketergantungan pada tiga hal ini bisa mengganggu berfungsinya proses biologis. Merokok misalnya, dipercaya dapat merusak DNA sperma. 

Hindari radiasi gawai
Gawai atau peralatan elektronik memancarkan radiasi tingkat rendah yang dapat mempengaruhi produksi sperma. Pastikan Anda tidak duduk dengan laptop langsung pada pangkuan Anda. Serta hindari meletakan ponsel di saku celana atau dikaitkan ke ikat pinggang. 

Baca Juga: Bisa Meningkatkan Kebahagiaan, Ini 4 Manfaat Pijat untuk Kesehatan Mental

Konsumsi makanan bernutrisi
Kekurangan nutrisi, zinc dan vitamin C bisa menyebabkan masalah pada produksi sperma. Pastikan Anda makan dengan sehat dan seimbang. Jangan lupa mengonsumsi suplemen jika makanan Anda tidak memenuhi kebutuhan nutrisi yang dianjurkan. 

Olahraga teratur
Infeksi dan peradangan mungkin bisa menghentikan produksi sperma yang sehat. Nah latihan secara teratur bisa membuat imun tubuh meningkat dan mencegah Anda mengalami infeksi dan peradangan. 

Selain itu, untuk mencegah kemandulan pada pria, jangan melakukan vasektomi, Hindari hal-hal yang bisa menyebabkan panas kepanjangan pada testis, kurangi stress, indari paparan petisida, logam berat dan racun lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News