Bugar

Apakah Daun Singkong Menyebabkan Darah Tinggi? Inilah Jawabannya

Apakah Daun Singkong Menyebabkan Darah Tinggi? Inilah Jawabannya

MOMSMONEY.ID - Banyak yang membicarakan terkait daun singkong dan risiko darah tinggi. Namun, apakah daun singkong menyebabkan darah tinggi?

arah tinggi mungkin menjadi masalah kesehatan yang kerap dialami banyak orang. Gaya hidup tidak sehat hingga faktor keturunan bisa jadi penyebabnya. Beberapa makanan ternyata bisa meningkatkan tekanan darah, lo.

Menyadur dari laman Halodoc, diketahui bahwa memang daun singkong dapat menyebabkan darah tinggi. Bahkan, daun singkong menjadi makanan pantangan bagi penderita darah tinggi.

Tentunya, ini tak terlepas dari berbagai alasan. Di bawah ini adalah alasan mengapa daun singkong bisa menyebabkan darah tinggi:

Baca Juga: 6 Obat Herbal Darah Tinggi yang Paling Baik dan Ampuh

1. Tinggi natrium

Faktanya, daun singkong ini mengandung natrium yang cukup tinggi. Sementara itu, natrium memang erat kaitannya sebagai pemicu naiknya tekanan darah. Makanan tinggi natrium sebaiknya dihindari oleh orang yang rentan dan penderita darah tinggi.

2. Rendah kalium

Kalium adalah mineral yang punya peranan untuk menjaga keseimbangan tekanan darah. Sayangnya, di dalam daun singkong jumlah kalium yang terkandung cukup rendah. Keseimbangan elektrolit serta tekanan darah tinggi bisa makin parah jika Anda mengonsumsi makanan yang rendah kalium.

Baca Juga: Tips Berpuasa Bagi Penderita Darah Tinggi Selama Bulan Ramadan

3. Dapat bereaksi dengan obat-obatan darah tinggi

Daun singkong memiliki senyawa kimia yang dapat bereaksi dengan obat-obatan darah tinggi, seperti penghambat ACE. Obat tersebut berguna untuk mengontrol tekanan darah tinggi.

Jika Anda mengonsumsi daun singkong bersamaan dengan penggunaan obat tersebut, efektivitas obat dapat berkurang dan bahkan membuat darah tinggi menjadi makin parah.

Itulah jawaban atas pertanyaan, apakah daun singkong menyebabkan darah tinggi atau tidak. Meskipun demikian, Anda perlu berkonsultasi ke dokter perihal hal ini untuk mendapatkan arahan yang lebih tepat.

Jika dokter mengizinkan Anda untuk mengonsumsi daun singkong, konsumsilah dengan bijaksana dan terukur. Sama dengan makanan lainnya, konsumsi berlebih bisa menimbulkan dampak yang tidak baik untuk tubuh.

Sebaiknya, Anda dapat mengonsumsi sayuran hijau lainnya yang lebih aman untuk penderita darah tinggi. Misalnya saja seperti sawi, kangkong, dan bayam. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News