Bugar

Aman dan Sehat, Inilah Sayuran Hijau yang Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

Aman dan Sehat, Inilah Sayuran Hijau yang Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

MOMSMONEY.ID - Masih boleh makan sayur, inilah sayuran hijau yang boleh dimakan penderita asam urat ya.

Penderita asam urat harus memilah dan memilih perihal makanan yang dikonsumsinya. Pasalnya, ada beberapa makanan yang bisa menaikkan kadar asam urat sehingga memperparah gejalanya.

Sayuran hijau merupakan salah satu opsi makanan sehat yang dianjurkan dalam hal ini. Namun, apa saja sayuran hijau yang boleh dimakan penderita asam urat?

Momsmoney akan menguraikan beberapa daftar sayuran hijau yang boleh dimakan penderita asam urat berikut ini:

1. Brokoli

Brokoli masuk ke dalam daftar sayuran hijau yang boleh dimakan penderita asam urat. Sayuran ini mengandung vitamin C yang punya peranan untuk menurunkan kadar asam urat. Brokoli adalah makanan sehat dan aman bagi penderita asam urat yang juga mudah didapatkan.

Baca Juga: Penderita Asam Urat Jangan Konsumsi Buah-buahan Ini, Ini Daftarnya!

2. Mentimun

Mentimun merupakan superfood yang punya segudang manfaat untuk kesehatan. Selain itu, mentimun mengandung silika yang bagus untuk menjaga kesehatan sendi. Konsumsi jus mentimun  bisa membantu untuk meredakan gejala serta menurunkan kadar asam urat, lo.

3. Seledri

Menyadur dari Halo Sehat, batang seledri mengandung zat diuretik yang baik untuk mengatasi asam urat. Zat tersebut dipercaya mampu menghempas kristal asam urat yang menumpuk di area sendi.

Tak berhenti di situ saja, seledri juga memiliki sifat anti-inflamasi yang berguna untuk mengurangi pembengkakan serta timbulnya rasa nyeri sendi akibat asam urat tinggi.

Baca Juga: Bolehkah Penderita Asam Urat Makan Tempe dan Tahu? Cek Jawabannya di Sini

4. Daun salam

Kandungan eugenol serta metil kavikol dalam daun salam rupanya dapat membantu untuk menurunkan kadar asam urat. Untuk cara konsumsinya, Anda bisa merebus 10 lembar daun salam yang sudah dikeringkan ke dalam 10 gelas air.

Rebus hingga air tersisa kira-kira 7 gelas saja. Konsumsilah setelah dingin dan rutin untuk dapatkan manfaat yang maksimal.

5. Sawi hijau

Dikutip dari laman Dokter Sehat, kandungan vitamin C dan vitamin E, beta karoten, kalium, kalsium, dan zat besi dalam sawi hijau mampu menurunkan kadar asam urat. Hal itu karena kandungan tersebut mampu mengontrol kadar asam urat dalam tubuh.

Baca Juga: Asam Urat Tinggi Karena Apa? Yuk, Simak Penyebabnya Berikut Ini!

Nah, itulah beberapa sayuran hijau yang boleh dimakan penderita asam urat. Memanglah ada banyak sayuran hijau yang mengandung purin. Tetapi, konsumsi sayuran yang rendah purin bisa menjadi solusi tepatnya.

Bagaimanapun, konsumsi sayuran penting bagi menjaga kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Gift Code Ojol The Game 25 Maret 2024 Terkini, Ada Update Baru Lo!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News