Bugar

Pisang Kepok untuk Asam Lambung Amankah Dikonsumsi?

Pisang Kepok untuk Asam Lambung Amankah Dikonsumsi?

MOMSMONEY.ID - Apakah konsumsi pisang kepok untuk asam lambung aman? Inilah jawabannya.

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang aman dikonsumsi bagi penderita asam lambung.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua jenis pisang ini aman karena ada beberapa jenis lainnya yang dapat memicu asam lambung. 

Baca Juga: Inilah Manfaat Tahu untuk Asam Lambung yang Jarang Diketahui, Wajib Coba!

Mengutip dari Alodokter, pisang terkenal akan kemampuannya dalam meredakan iritasi pada lapisan esofagus dan mengurangi rasa nyeri akibat refluks asam lambung. Ini terjadi karena pisang memiliki sifat alkalin yang membantu menetralkan keasaman di lambung.

Kandungan kalium yang tinggi dalam pisang juga berperan dalam meningkatkan produksi lendir di lambung, yang mencegah akumulasi asam berlebih.

Melansir dari Hello Sehat, pisang sering dianggap baik untuk mengatasi asam lambung karena kandungan seratnya yang tinggi.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di World Journal of Gastroenterology, diet yang kaya serat dianjurkan untuk pasien dengan Non-Erosive Reflux Disease (NERD), sebuah bentuk dari GERD yang tidak menunjukkan kerusakan seperti erosi pada dinding esofagus.

Baca Juga: Mengulik Manfaat Kunyit Putih untuk Asam Lambung, Cek 10 Manfaat Lainnya

Serat dalam makanan berperan dalam meningkatkan tekanan istirahat pada sfingter esofagus bagian bawah yang dapat membantu mengurangi refluks.

Pisang sebagai sumber serat diketahui dapat mengurangi tingkat keasaman lambung dan perasaan tidak nyaman di perut pada pasien NERD.

Mengonsumsi makanan tinggi serat seperti pisang juga dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Ini bermanfaat untuk menghindari kebiasaan makan berlebihan yang dapat memicu gejala asam lambung.

Tingkat kematangan pisang sangat berpengaruh terhadap asam lambung. Pisang yang masih hijau atau belum matang umumnya lebih asam dan bisa membuat asam lambung naik jika dikonsumsi.

Sebaliknya, pisang yang terlalu matang dan manis juga bisa meningkatkan produksi asam lambung, yang bisa memperparah kondisi bagi beberapa orang. Lantas, pisang kepok untuk asam lambung aman atau tidak?

Baca Juga: 7 Hal yang Tidak Boleh Anda Lakukan Setelah Makan, Tidak Baik untuk Pencernaan

Pisang kepok adalah jenis pisang yang sering ditemukan di Indonesia dan bagus untuk penderita asam lambung. Kulitnya yang tebal dan buahnya yang tidak terlalu manis membuatnya lebih ramah di perut.

Pisang kepok juga kaya akan serat, yang membantu pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, serat ini juga berfungsi sebagai prebiotik yang mendukung pertumbuhan bakteri baik di usus, penting untuk menjaga kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

Jadi, pisang kepok untuk asam lambung termasuk aman dikonsumsi, ya. Selain karena kandungan nutrisinya, ini juga karena rasanya yang tidak terlalu manis dan tidak asam, sehingga tidak memicu naiknya asam lambung. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Pembiayaan BTN Syariah Tumbuh 22% di Semester I-2024, Tembus Rp 41 Triliun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News