Bugar

Jeruk Nipis untuk Asam Lambung, Aman atau Tidak? Intip Daftar Buah Pantangan Lainnya

Jeruk Nipis untuk Asam Lambung, Aman atau Tidak? Intip Daftar Buah Pantangan Lainnya

MOMSMONEY.ID - Jeruk nipis adalah salah satu buah yang populer digunakan dalam berbagai masakan dan minuman karena rasanya yang asam dan menyegarkan. Namun, di balik itu, terdapat kekhawatiran mengenai efeknya terhadap asam lambung. Apakah aman jeruk nipis untuk asam lambung?

Artikel ini akan membahas apakah jeruk nipis aman untuk dikonsumsi oleh mereka yang menderita gangguan asam lambung, serta menyajikan daftar buah-buahan lain yang mungkin perlu dihindari. Simak ya!

Baca Juga: Ampuh Turunkan Kolesterol, 5 Manfaat Mengonsumsi Bawang Putih Setiap Hari

Jeruk nipis untuk asam lambung

Melansir dari laman Hello Sehat, jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis jeruk yang lebih manis. Dalam kondisi tertentu, mengonsumsi makanan asam berlebih, termasuk meminum air perasan jeruk nipis, dapat menimbulkan sakit perut atau mulas.

Bagi individu dengan sistem pencernaan yang lebih sensitif, asam dari jeruk nipis dapat menyebabkan naiknya asam lambung. Jadi, sebaiknya hindari konsumsi jeruk nipis untuk asam lambung, ya.

Baca Juga: Daun Kelor untuk Asam Urat, Apakah Efektif dan Aman? Ini Faktanya

Buah pantangan asam lambung lainnya

Selain jeruk nipis, ada beberapa jenis buah pantangan asam lambung lainnya. Melansir dari laman Alodokter, di bawah ini adalah daftar buahnya:

1. Tomat

Tomat dan produk olahannya, seperti saus dan jus tomat, juga termasuk dalam daftar buah yang harus dihindari oleh penderita asam lambung. Ini karena tingginya kandungan asam yang dapat memicu gejala GERD dan mengiritasi dinding lambung serta esofagus.

2. Apel hijau

Apel hijau, yang umumnya lebih asam dibandingkan dengan apel merah, merupakan buah yang tidak disarankan bagi penderita asam lambung. Tingginya kandungan asam pada apel hijau dapat meningkatkan asam lambung dan berpotensi memicu atau memperparah gejala penyakit asam lambung.

Baca Juga: Yuk, Coba 8 Pilihan Yogurt yang Bagus untuk Diet Turunkan Berat Badan

3. Jeruk

Buah sitrus seperti jeruk, jeruk nipis, dan lemon, kaya akan vitamin C tetapi juga memiliki kandungan asam yang tinggi. Karena ini, mereka bisa memicu kambuhnya gejala penyakit asam lambung, termasuk mual dan sakit ulu hati.

Meskipun jeruk dianggap sebagai buah yang harus dihindari bagi penderita asam lambung, mengonsumsinya dalam jumlah kecil masih memungkinkan. Untuk mengurangi efek asamnya, Anda bisa minum air putih atau air alkali saat mengonsumsi jeruk atau buah sitrus lainnya.

4. Nanas

Meskipun beberapa penderita asam lambung tidak mengalami gejala setelah mengonsumsi nanas, buah ini tetap bisa menyebabkan kekambuhan pada pasien GERD lainnya.

Nanas adalah buah yang cukup asam dengan kandungan pH sekitar 3-4, sehingga disarankan untuk membatasi konsumsi nanas jika Anda menderita penyakit asam lambung.

Baca Juga: Emosi dalam Diri Manusia, Mari Mengenal Apa itu Anxiety dan Cara Menanganinya

5. Cokelat

Cokelat sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung karena mengandung kafein dan bahan kimia methylxanthine yang dapat memicu GERD. Kafein bisa menyebabkan heartburn.

Sementara itu, methylxanthine telah terbukti mampu melemahkan otot-otot di katup atau cincin esofagus bagian bawah. Hal ini memungkinkan makanan atau asam lambung lebih mudah naik kembali ke esofagus.

Nah, demikianlah ulasan terkait jeruk nipis untuk asam lambung dan daftar buah pantangan asam lambung lainnya. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Telkom University Beri Pelatihan Pengelolaan Sumber Daya Manusia Pada Pelaku UMKM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News