Bugar

Penderita Asam Lambung Dilarang Konsumsi Minuman Ini, Apa Saja?

Penderita Asam Lambung Dilarang Konsumsi Minuman Ini, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Apa saja minuman yang tidak boleh diminum penderita asam lambung? Yuk, cek daftarnya dalam artikel ini!

Pengelolaan asam lambung tinggi tidak hanya melibatkan pengaturan pola makan tetapi juga pemilihan minuman yang tepat. Ada beberapa jenis minuman yang harus dihindari oleh penderita asam lambung untuk mencegah iritasi dan memperburuk gejala.

Mengutip dari laman Medical News Today, berikut ini adalah minuman yang tidak boleh diminum penderita asam lambung:

1. Alkohol

Penelitian pada tahun 2018 mengungkapkan adanya korelasi antara peningkatan frekuensi dan jumlah konsumsi alkohol dengan risiko gastroesophageal reflux disease (GERD). Alkohol diketahui merusak lapisan mukosa sistem pencernaan dan mengganggu kontraksi esofagus, yang keduanya dapat menyebabkan peningkatan refluks asam.

Baca Juga: Begini Cara Mengolah Lidah Buaya untuk Obati Asam Lambung

2. Jus Buah Asam

Buah-buahan seperti jeruk, lemon, dan tomat yang diolah menjadi jus dapat meningkatkan keasaman dalam perut, sehingga tidak direkomendasikan untuk penderita asam lambung. Asam dalam jus buah dapat mengiritasi lapisan esofagus dan memperburuk gejala GERD.

3. Minuman Berkarbonasi

Ulasan penelitian pada tahun 2021 menemukan bukti yang mengaitkan konsumsi minuman berkarbonasi dengan peningkatan risiko GERD. The National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK) bahkan menyarankan untuk menghindari minuman berkarbonasi guna mengurangi refluks asam dan GERD.

Meskipun demikian, hasil penelitian masih bervariasi mengenai peran pasti yang dimainkan oleh minuman berkarbonasi dalam memicu refluks asam. Sebuah studi pada tahun 2017, sebagai contoh, tidak menemukan hubungan yang signifikan antara konsumsi minuman berkarbonasi dan gejala GERD.

Baca Juga: Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung, Ada Makanan Pedas

4. Minuman Berkafein

NIDDK menyarankan orang-orang dengan refluks asam untuk mengeliminasi kopi, teh, dan minuman berkafein lainnya dari minuman harian mereka. Akan tetapi, sebuah penelitian pada tahun 2019 tidak menunjukkan adanya hubungan langsung antara konsumsi teh dan kopi dengan gejala refluks. Hal ini menunjukkan bahwa efek kafein terhadap refluks asam mungkin bervariasi di antara individu.

Demikianlah beberapa minuman yang tidak boleh diminum penderita asam lambung. Menghindari minuman yang dapat memicu atau memperburuk gejala asam lambung adalah langkah penting dalam mengelola kondisi ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News