Bugar

7 Pilihan Minuman yang Bagus untuk Asam Lambung, Ayo Konsumsi!

7 Pilihan Minuman yang Bagus untuk Asam Lambung, Ayo Konsumsi!

MOMSMONEY.ID - Asam lambung yang meningkat dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang signifikan, membuat pilihan makanan dan minuman menjadi sangat penting bagi mereka yang menderita kondisi ini. Untungnya, terdapat beberapa minuman yang bagus untuk asam lambung karena membantu menenangkan dan mengurangi gejala.

Melansir dari Healthline dan Medical News Today, di bawah ini adalah beberapa minuman yang bagus untuk asam lambung:

1. Air Putih

Air putih merupakan pilihan minuman yang baik untuk mengatasi asam lambung. Namun, penting untuk memperhatikan kadar pH air yang dikonsumsi. Kebanyakan air memiliki pH yang cenderung netral, sekitar angka 7, sehingga bisa meningkatkan pH makanan yang dikonsumsi.

Baca Juga: 13 Makanan untuk Melancarkan Peredaran Darah yang Terbaik, Bisa Dicoba!

2. Susu Nabati

Susu nabati, seperti susu almond, adalah pilihan yang baik bagi mereka yang intoleran laktosa. Susu nabati memiliki kandungan basa yang dapat membantu menetralkan asam lambung. Selain susu almond, susu kedelai juga bisa menjadi alternatif.

3. Susu Rendah Lemak

Susu sapi rendah lemak dan susu skim dapat membantu mengatasi asam lambung. Jenis susu ini berbeda dengan susu sapi tinggi lemak, yang bisa sulit dicerna dan memperburuk gejala asam lambung.

Baca Juga: 7 Khasiat Pare untuk Kesehatan, Bisa Menurunkan Kolesterol lo

4. Air Kelapa

Air kelapa adalah minuman lain yang efektif dalam mengatasi asam lambung, terutama jika dikonsumsi tanpa tambahan gula. Ini karena air kelapa kaya akan elektrolit seperti kalium, yang membantu menjaga keseimbangan pH dalam tubuh, sehingga dapat mengontrol gejala asam lambung.

5. Teh Herbal

Teh herbal dapat meningkatkan kinerja pencernaan dan membantu mencegah asam lambung. Namun, sebaiknya hindari teh spearmint atau peppermint. Pilihlah teh yang bebas kafein, seperti teh chamomile dan licorice.

Baca Juga: 7 Daftar Buah Tinggi Serat untuk Melancarkan BAB, Cek Ada Apa Saja

6. Wedang Jahe

Jahe dikenal dapat menghambat asam dan menekan bakteri Helicobacter Pylori yang memicu gejala asam lambung. Untuk mendapatkan manfaatnya, disarankan untuk mengonsumsi wedang jahe secara rutin.

7. Jus Buah

Jus buah bisa membantu mengatasi asam lambung, tetapi sebaiknya hindari jus dari buah-buahan yang tinggi asam, seperti buah citrus atau apel. Buah yang aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung antara lain adalah pisang, pepaya, bit, semangka, dan pir.

Baca Juga: 5 Manfaat Yoga untuk Asam Lambung, Simak Rekomendasi Gerakannya

Itulah rekomendasi minuman yang bagus untuk asam lambung yang bisa Anda coba. Setiap orang mungkin bereaksi berbeda terhadap berbagai jenis minuman.

Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan bagaimana tubuh Anda merespons dan menyesuaikan asupan minuman Anda sesuai dengan itu.

Selain mengonsumsi minuman yang tepat, menghindari makanan dan minuman pemicu seperti kafein, alkohol, dan makanan berlemak juga dapat membantu mengelola gejala asam lambung.

Jika gejala Anda terus berlanjut atau memburuk, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News