Bugar

Cegah Penyakit Berbahaya, Ini Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan!

Cegah Penyakit Berbahaya, Ini Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan!

MOMSMONEY.ID - Labu siam menjadi salah satu sayuran populer di Indonesia. Tahukah bahwa ternyata labu siam menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan.

Sayangnya belum banyak yang tahu tentang manfaat labu siam untuk kesehatan. Untuk itu, Momsmoney telah merangkum sejumlah manfaat labu siam untuk kesehatan sebagai berikut, menyadur dari laman Dokter Sehat:

1. Mencegah penuaan dini

Antioksidan dalam labu Siam juga membantu melawan ROS (Reactive Oxygen Species) dan radikal bebas, yang berkontribusi terhadap penuaan dini.

Baca Juga: Manfaat Buah Semangka untuk Asam Lambung, Ada Rekomendasi Buah Lainnya Juga

2. Mengobati batu ginjal

Meskipun bukan dari buahnya, daun labu Siam ditemukan memiliki potensi dalam membantu perawatan batu ginjal serta menurunkan tekanan darah tinggi, menurut penelitian dari University of North Florida.

3. Menurunkan tekanan darah

Labu Siam terkenal karena kemampuannya untuk menurunkan tekanan darah. Orang-orang yang menderita hipertensi mungkin mendapatkan manfaat dari konsumsi rutin labu Siam, yang efek diuretik dan kandungan antioksidannya berperan dalam menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: Khasiat Ubi Cilembu untuk Diet, Ini Jumlah Kalori dan Manfaatnya bagi Kesehatan

4. Menurunkan kadar kolesterol

Labu Siam dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Ini bebas dari kolesterol dan lemak jahat, membuatnya menjadi pilihan yang sangat baik untuk mereka yang memiliki masalah kolesterol.

5. Mencegah penyakit berbahaya

Kemampuannya untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol serta melawan radikal bebas membuat Labu Siam bermanfaat dalam mencegah berbagai penyakit berbahaya, termasuk penyakit kardiovaskular dan kanker.

Baca Juga: Resep Langsing dan Kurus, Coba Olahraga Penurun Berat Badan Ini yuk

6. Mengatasi anemia

Labu Siam adalah sumber vitamin B2 dan zat besi yang baik, keduanya penting dalam mengatasi anemia dan meningkatkan produksi sel darah merah.

7. Menyehatkan janin

Labu Siam sangat bermanfaat bagi ibu hamil karena mengandung asam folat yang tinggi, yang esensial untuk perkembangan sel dan DNA, serta dapat mencegah cacat lahir.

Baca Juga: Bagus untuk Kesehatan, Ini Manfaat Gua Sha dan Cara Menggunakannya

8. Menangkal radikal bebas

Labu Siam kaya akan flavonoid seperti apigenin dan luteolin, yang merupakan antioksidan kuat. Ini membuat labu Siam efektif dalam menangkal radikal bebas.

9. Meningkatkan stamina

Labu Siam mengandung kalium yang tinggi, salah satu sumber elektrolit utama yang diperlukan tubuh untuk meningkatkan stamina.

Baca Juga: Manfaat Buah Kesemek untuk Asam Lambung Anda, Ada 7 Manfaat Kesehatan Lainnya

10. Membantu menurunkan berat badan

Labu Siam juga mendukung penurunan berat badan karena rendah kalori, bebas lemak jahat, dan kaya akan serat, yang menjadikannya sayuran yang ideal untuk diet.

11. Mencegah sembelit

Kandungan serat dan air yang tinggi dalam labu Siam sangat efektif dalam memelihara kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit.

Nah, demikianlah beberapa manfaat labu siam untuk kesehatan yang tidak banyak orang tahu. Bagaimana? Tertarik untuk memasukkan labu siam ke dalam daftar menu makanan Anda?

Selanjutnya: Sebanyak 62 Ton Obat Disiapkan untuk Jemaah Haji Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News