Bugar

Sehatkan Badan, Ini 12 Khasiat Kencur untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Sehatkan Badan, Ini 12 Khasiat Kencur untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

MOMSMONEY.ID - Kencur adalah tanaman herbal yang telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan tradisional Asia. Tanaman ini kaya akan senyawa bioaktif yang memberikan berbagai manfaat kesehatan.

Lantas, apa saja khasiat kencur untuk kesehatan?

Berikut adalah sepuluh khasiat kencur untuk kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui, dilansir dari laman Dokter Sehat:

1. Menurunkan berat badan

Kencur juga bisa membantu dalam program penurunan berat badan. Ini memberikan solusi alami untuk melangsingkan tubuh.

2. Mengontrol kolesterol jahat

Jamu kencur dapat meningkatkan produksi empedu yang membantu penyerapan nutrisi dan pengeluaran toksin, sehingga membantu menurunkan kadar kolesterol.

Baca Juga: Gampang, Begini 5 Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah Anda!

3. Merawat gejala maag

Kencur juga berguna untuk meredakan gejala maag. Hal ini karena kencur dapat menurunkan kadar asam lambung dan membantu mengatasi masalah maag.

4. Mencegah radikal bebas

Kencur memiliki khasiat dalam menangkal radikal bebas, yang jika tidak diatasi, dapat memicu berbagai penyakit serius seperti kanker kulit dan penyakit lainnya.

5. Mengobati pilek

Sensasi hangat dari kencur dianggap efektif untuk mengobati pilek. Ramuan yang terbuat dari kencur dapat menghilangkan rasa mual yang sering muncul saat pilek.

Baca Juga: Turunkan Hipertensi, Ini Buah Penurun Darah Tinggi Alami Paling Cepat

6. Mengobati batuk

Kencur dikenal dapat mengobati batuk, berkat beberapa senyawa di dalamnya. Minuman ramuan kencur juga dapat membantu meredakan rasa pegal yang disebabkan oleh batuk.

7. Meningkatkan nafsu makan

Kencur dikenal dapat meningkatkan nafsu makan berkat kandungan minyak atsirinya. Sering dikonsumsi dalam bentuk jamu beras kencur, yang merupakan campuran dari kencur, beras, gula merah, dan asam jawa, minuman ini cocok untuk semua usia.

Pada anak-anak, jamu ini sering digunakan untuk meningkatkan nafsu makan, sementara pada orang dewasa, jamu ini berguna untuk menambah stamina.

Baca Juga: Manfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan, Konsumsi dan Dapatkan 10 Khasiat Ini

8. Mengatasi perut kembung

Kencur efektif dalam mengobati perut kembung. Anda bisa mengkonsumsi kencur mentah dengan sedikit garam dan air hangat atau merebus potongan kencur sepanjang 3 cm dengan satu gelas air, yang diminum dua kali sehari.

9. Menyegarkan tubuh

Ramuan kencur diyakini dapat menyegarkan tubuh yang lelah. Mirip dengan minuman berbahan dasar jahe, kencur juga dapat menghangatkan tubuh dan mengembalikan kebugaran.

Baca Juga: Cek Daftarnya! Inilah Obat Tradisional untuk Asam Urat yang Bisa Anda Coba

10. Meningkatkan energi

Kencur adalah pilihan yang baik untuk meningkatkan atau mengembalikan energi. Cukup rebus satu ruas kencur dengan satu gelas air dan minum setiap malam untuk merasakan tubuh yang lebih segar dan energik keesokan harinya.

11. Mengobati sakit kepala

Kencur dapat digunakan sebagai obat alternatif untuk mengatasi sakit kepala, termasuk migrain. Ini menjadi pilihan yang aman karena tidak memiliki efek samping seperti obat generik.

Baca Juga: Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan, Ada 10 Khasiat Luar Biasa

12. Mencegah jerawat

Kencur bermanfaat dalam mencegah jerawat. Ini berguna terutama bagi wanita yang mengalami jerawat yang sering muncul selama menstruasi.

Itulah beberapa khasiat kencur untuk kesehatan. Namun, seperti halnya penggunaan herbal lainnya, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum memulai penggunaan kencur, terutama jika Anda sedang hamil, menyusui, atau memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News