Bugar

10 Khasiat Buncis bagi Kesehatan, Bisa untuk Diet Turunkan Berat Badan

10 Khasiat Buncis bagi Kesehatan, Bisa untuk Diet Turunkan Berat Badan

MOMSMONEY.ID - Salah satunya bisa turunkan BB, intip khasiat buncis bagi kesehatan lainnya berikut ini, yuk!

Buncis merupakan salah satu sayuran yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sayuran hijau ini kaya akan nutrisi penting dan menawarkan berbagai khasiat yang tidak hanya mendukung kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga efektif dalam program diet.

Merangkum dari laman Khasiat Sehat dan Hello Sehat, berikut ini adalah berbagai khasiat buncis bagi kesehatan:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Buncis kaya akan flavonoid, sebuah jenis antioksidan yang ditemukan pada banyak buah dan sayuran, yang membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Mengonsumsi buncis bisa menunjang pencegahan serangan jantung dan stroke.

Baca Juga: Khasiat Brokoli untuk Asam Lambung, Intip Tips Memasaknya di Sini!

2. Menurunkan Berat Badan

Buncis adalah pilihan tepat untuk diet karena rendah kalori namun kaya akan nutrisi, seperti serat, yang membantu menjaga berat badan.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buncis memiliki kandungan FODMAP yang rendah, membuatnya cocok bagi mereka yang memiliki masalah pencernaan seperti sindrom iritasi usus atau refluks asam lambung.

Baca Juga: 6 Makanan Terbaik untuk Meredakan Asam Lambung Anda, Layak Dicoba lo

4. Meningkatkan Kesuburan Wanita

Penelitian dari Harvard Medical School ditunjukkan bahwa zat besi, yang banyak terdapat dalam buncis, dapat meningkatkan kesuburan wanita.

Buncis memiliki indeks glikemik rendah serta kaya folat yang bisa membantu meningkatkan kesuburan dan mencegah infertilitas.

5. Memperkuat Tulang

Buncis mengandung vitamin K, yang membantu mengoptimalkan penyerapan kalsium dan mengurangi pengeluaran kalsium melalui urine. Keduanya penting untuk tulang yang kuat.

Baca Juga: Ubi yang Bagus untuk Diet, Mari Simak Khasiat Ubi Jalar untuk Menurunkan BB

6. Menjaga Kesehatan Janin

Kandungan asam folat dalam buncis sangat penting untuk perkembangan janin yang sehat, mencegah kelainan lahir, dan mendukung pertumbuhan otak dan sumsum tulang belakang janin.

7. Meredakan Depresi

Asam folat dalam buncis juga membantu mencegah akumulasi homosistein, suatu zat yang dapat menghambat aliran darah ke otak dan mempengaruhi produksi neurotransmitter yang mengatur mood.

Baca Juga: Mengulik Khasiat Kopi Hitam untuk Diet Menurunkan Berat Badan

8. Menjaga Kesehatan Mata

Buncis mengandung Zeaxanthin, antioksidan yang melindungi mata dari radiasi UV dan mencegah degenerasi makula terkait usia.

9. Mengontrol Gula Darah

Buncis memiliki serat yang dapat mengontrol kadar gula darah dengan memperlambat pemecahan karbohidrat. Ini membuatnya cocok untuk dijadikan bagian dari menu sehat penderita diabetes.

Baca Juga: 7 Daftar Buah yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat, Ada Durian

10. Melawan dan Mencegah Kanker

Konsumsi buncis dapat menurunkan risiko kanker seperti kanker payudara, kolon, dan prostat karena kaya akan nutrisi yang dapat menghentikan penyebaran sel kanker.

Nah, itulah beberapa khasiat buncis bagi kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News