Bugar

Mengulik 10 Khasiat Daun Katuk untuk Kesehatan yang Tak Terduga

Mengulik 10 Khasiat Daun Katuk untuk Kesehatan yang Tak Terduga

MOMSMONEY.ID - Daun katuk sebenarnya menyimpan berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa. Tanaman yang mudah tumbuh di iklim tropis ini juga kaya akan nutrisi yang berkontribusi terhadap berbagai aspek kesehatan. Apa saja sih khasiat daun katuk untuk kesehatan tubuh?

Menyadur dari laman Hello Sehat, berikut telah MomsMoney rangkumkan sepuluh khasiat daun katuk untuk kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Mencegah Infeksi Bakteri

Daun katuk juga memiliki potensi untuk mencegah infeksi, khususnya dari bakteri seperti Klebsiella pneumoniae dan Staphylococcus aureus, yang dapat menyebabkan penyakit serius seperti pneumonia dan bakteremia.

Baca Juga: Luar Biasa! Ketahui Manfaat Sari Kurma untuk Asam Lambung di Sini, yuk

2. Meningkatkan Sistem Imun

Mengonsumsi daun katuk dapat meningkatkan sistem imun berkat kandungan vitamin C yang tinggi, membantu tubuh lebih tahan terhadap infeksi virus, bakteri, dan parasit.

3. Menurunkan Kadar Gula Darah

Penelitian menunjukkan bahwa daun katuk bisa membantu menurunkan kadar gula darah melalui peningkatan sensitivitas insulin berkat kandungan flavonoidnya.

Baca Juga: Bisa Jadi Alternatif, Mari Menilik Manfaat Mie Shirataki untuk Diet

4. Mencegah Anemia

Daun katuk tinggi zat besi, yang penting untuk pembentukan hemoglobin, sehingga membantu mencegah anemia.

5. Mengobati Kanker Payudara

Penelitian menunjukkan bahwa daun katuk memiliki sifat sitotoksik yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. Meskipun demikian, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut dalam hal ini.

Baca Juga: Apakah Kolesterol Tinggi pada Ibu Hamil Berbahaya? Yuk Intip Ulasannya

6. Mengobati Diare

Daun katuk digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi diare. Hal ini berkat sifat antibakterinya yang berasal dari senyawa saponin, flavonoid, dan tanin, yang efektif membunuh bakteri penyebab gangguan pencernaan.

7. Memperlancar Produksi ASI

Daun katuk dikenal efektif untuk membantu memperlancar produksi ASI pada ibu menyusui. Hal ini dikarenakan daun katuk meningkatkan kadar hormon prolaktin dan oksitosin, yang berperan dalam meningkatkan penyerapan protein, gula, dan lemak yang kemudian diubah menjadi ASI.

Baca Juga: Selai Kacang untuk Diet Tubuh, Bagus atau Tidak ya?

8. Mencegah dan Mengatasi Peradangan

Daun katuk mengandung vitamin C dan karotenoid yang bersifat antioksidan, serta flavonoid seperti apigenin, quercetin, dan luteolin. Kandungan ini membantu melindungi sel dari kerusakan dan mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung.

9. Mempercepat Penyembuhan Luka

Daun katuk kaya akan vitamin C yang penting untuk pembentukan kolagen, protein esensial untuk pemulihan kulit yang terluka. Vitamin C yang dikonsumsi akan dipecah dan diangkut ke sel-sel yang membutuhkan, termasuk ke area luka, sehingga mempercepat proses penyembuhan.

Baca Juga: 14 Ramuan Herbal untuk Asam Lambung yang Terbukti Ampuh

10. Mencegah Obesitas

Daun katuk merupakan pilihan yang baik untuk diet karena rendah kalori dan kaya akan serat, flavonoid, serta air. Daun katuk membantu membuat perut merasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan untuk ngemil.

Nah, itulah beberapa khasiat daun katuk untuk kesehatan tubuh yang dapat Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News