Bugar

Khasiat Daun Salam untuk Asam Urat dan Kolesterol serta Cara Membuat Rebusannya!

Khasiat Daun Salam untuk Asam Urat dan Kolesterol serta Cara Membuat Rebusannya!

MOMSMONEY.ID - Apa khasiat daun salam untuk asam urat dan kolesterol? Dan bagaimana cara membuatnya? Simak ulasannya berikut ini, yuk!

Daun salam dikenal sebagai bumbu dapur yang memberikan aroma khas pada masakan. Ternyata daun salam juga memiliki segudang manfaat kesehatan. Salah satunya adalah kemampuannya dalam mengatasi masalah asam urat dan kolesterol.

Kali ini Momsmoney akan mengulas lebih lengkap tentang khasiat daun salam untuk asam urat dan kolesterol serta cara membuat rebusannya.

Baca Juga: Aman dan Sehat, Inilah Sayuran Hijau yang Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

Khasiat Daun Salam untuk Asam Urat dan Kolesterol

Daun salam mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri pada sendi yang disebabkan oleh asam urat. Selain itu, sifat diuretik dari daun salam membantu meningkatkan produksi urine, yang memudahkan pengeluaran asam urat dari tubuh.

Menyadur dari laman Good Doctor, khasiat daun salam yang belum banyak diketahui lainnya adalah kemampuannya untuk menurunkan kadar kolesterol. Telah terbukti melalui penelitian bahwa konsumsi daun salam dapat mengurangi kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik) dalam tubuh.

Baca Juga: Penderita Asam Urat Jangan Konsumsi Buah-buahan Ini, Ini Daftarnya!

Sebuah studi yang dilakukan selama 30 hari dan dipublikasikan dalam Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition pada tahun 2009 menunjukkan bahwa mengonsumsi 1 hingga 3 gram daun salam setiap hari dapat menurunkan kolesterol total hingga 24 persen.

Selain itu, daun salam juga dapat mengurangi trigliserida hingga 34 persen, kolesterol LDL hingga 40 persen, dan meningkatkan kolesterol HDL hingga 29 persen.

Cara Membuat Rebusan Daun Salam

Untuk mendapatkan manfaat daun salam dalam mengatasi asam urat dan kolesterol, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat rebusan daun salam. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Bahan:

  • 10-15 lembar daun salam segar atau kering
  • 3 gelas air

Baca Juga: Asam Urat Tinggi Karena Apa? Yuk, Simak Penyebabnya Berikut Ini!

Cara Membuat:

  • Bersihkan daun salam dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran atau debu yang menempel.
  • Masukkan daun salam ke dalam panci bersama dengan air.
  • Rebus air dan daun salam dengan api kecil hingga airnya berkurang menjadi sekitar 1 gelas saja.
  • Matikan api dan biarkan rebusan daun salam dingin.
  • Saring air rebusan untuk memisahkan daun salamnya.
  • Minum air rebusan daun salam secara rutin, 1-2 gelas sehari, untuk membantu mengatasi masalah asam urat dan kolesterol.

Nah, itulah ulasan lengkap mengenai khasiat daun salam untuk asam urat dan kolesterol. Dengan mengonsumsi rebusan daun salam secara rutin, Anda dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan mengurangi risiko penyakit yang berkaitan dengan asam urat dan kolesterol.

Namun, penting untuk diingat bahwa pengobatan alami seperti ini sebaiknya dilakukan sebagai pendukung pengobatan medis dan tidak menggantikan konsultasi dengan dokter.

Selanjutnya: Gift Code Ojol The Game 26 Maret 2024 Paling Update, Sudah Redeem?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News