AturUang

Melunasi KPR Resolusi Keuangan yang Rawan Gagal, Begini Cara Meringankannya

Melunasi KPR Resolusi Keuangan yang Rawan Gagal, Begini Cara Meringankannya

MOMSMONEY.ID - Ingin melunasi kredit pemilikan rumah alias KPR adalah salah satu tujuan keuangan yang membutuhkan pemasukan besar untuk mewujudkannya. Sebab, jumlah yang harus Anda bayar bisa ratusan juta rupiah.

Menurut Ully Safitri, Perencana Keuangan Oneshildt, melunasi KPR adalah resolusi keuangan yang rawan gagal atau sulit tercapai.

Misalnya, ingin melunasi KPR dengan outstanding Rp 500 juta dalam tempo satu tahun. Sedang gaji hanya Rp 10 juta per bulan.

"Tujuan semacam ini tidak masuk akal, karena pendapatan tersebut masih perlu dikurangi biaya hidup dan biaya lainnya," tegas Ully kepada Momsmoney.

Sejatinya, memungkinkan saja melunasi KPR dengan outstanding masih Rp 500 juta lebih cepat. Tetapi, tidak dalam waktu satu tahun.

Baca Juga: Layani Nasabah KPR, Bank Mandiri Gandeng APERSI Wujudkan KPR Subsidi dan Komersial

Caranya, dengan memotong pengeluaran yang tidak perlu dan fokus pada pengeluaran untuk sandang, pangan, juga papan.

Kemudian, pastikan ada asuransi kesehatan sehingga ketika sakit tidak akan memakan tabungan. Dan, yang tak kalah penting, tidak menambah utang baru selain KPR.

Lantas, tambah pendapatan, dan setiap ekstra pendapatan digunakan untuk pelunasan KPR dipercepat tersebut, ungkap Ully.

Tita Gracia Yosheko, Perencana Keuangan Finansialku, menambahkan, dalam mencapai resolusi keuangan apapun, jika memang belum bisa mencapai mimpi tersebut, mungkin Anda bisa menurunkan targetnya.

Tapi, kalau ternyata dari sisi konsistennya yang belum maksimal dalam mencapai resolusi keuangan tersebut, maka yang harus Anda lakukan adalah mengkaji kembali, apa yang menjadi penyebab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News