AturUang

Begini Cara Kelola Uang THR untuk Kirim Hampers & Liburan

Begini Cara Kelola Uang THR untuk Kirim Hampers & Liburan

MOMSMONEY.ID - Yuk, simak cara kelola uang tunjangan hari raya alias THR ala Bank DBS untuk memenuhi kebutuhan kirim hampers dan liburan.

Akhir tahun identik dengan berbagai perayaan sarat makna, mulai dari liburan sekolah, perayaan Natal, hingga menyambut tahun baru yang penuh semarak.

Pada momen ini pula banyak masyarakat menerima THR dari tempat kerjanya. 

Biasanya, THR akan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, mulai dari memberikan kado untuk orang tersayang hingga traveling bersama keluarga dan kerabat.

Tentunya, butuh pengelolaan keuangan yang cerdik agar dapat memenuhi segala kebutuhan tersebut, namun sambil tetap merencanakan tabungan untuk tahun yang akan datang. 

Baca Juga: Begini Proyeksi Industri Pariwisata di Indonesia ke Depan

Lantas, cara-cara cerdik seperti apa yang perlu kita lakukan agar dapat menikmati akhir tahun sambil tetap mengalokasikan dana untuk persiapan masa depan? Temukan jawabannya melalui beberapa tips berikut.

Catat daftar kebutuhan dan kegiatan serta tetapkan budget-nya

Salah satu langkah terpenting dalam merencanakan keuangan adalah mengetahui ke mana saja dana tersebut harus Anda tujukan.

Apabila Anda memiliki tradisi membelikan kado untuk keluarga dan teman, buatlah daftar orang-orang yang akan Anda berikan hadiah. Lebih dari itu, catat pula barang apa yang ingin Anda beli beserta budget yang dibutuhkan untuk masing-masing barang.

Jika Anda memiliki rencana untuk bepergian, pastikan sudah mengetahui destinasi wisata yang akan dikunjungi serta berapa dana yang dibutuhkan untuk transportasi, penginapan, makan dan jajan, hingga oleh-oleh.

Selain itu, Anda mungkin memiliki beberapa rencana makan malam untuk merayakan Natal dan tahun baru bersama teman-teman. Nah, jangan sampai lupa untuk menyediakan dana dan waktu untuk kegiatan tersebut juga, ya.

Periksa pemasukan dan pengeluaranmu secara cerdik

Setelah mengetahui ke mana saja uang harus dialokasikan, pastikan juga And mencatat pemasukan dan pengeluaran agar selalu on track.

Hal ini mungkin terlihat sepele, namun penting agar Anda mengetahui dari mana sumber pemasukan berasal sekaligus membantu menentukan skala prioritas, mengendalikan pengeluaran, serta membuat keputusan keuangan yang lebih bijaksana.

Dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran, maka Anda dapat melihat apakah terjadi pemborosan berdasarkan budget yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Baca Juga: Mau Berbisnis di Industri Pariwisata, Ternyata Begini Tren Pariwisata di 2023

Mulai perencanaan untuk tahun depan dengan tentukan tujuan tabungan

Menabung identik dengan menyisihkan uang untuk masa depan dan terkesan harus mengorbankan kesenangan saat ini. Tetapi, sebenarnya, bila direncanakan secara cerdik, Anda bisa melakukan keduanya.

Caranya adalah dengan membuat tujuan untuk apa menabung, misalnya untuk membeli rumah, investasi, liburan, atau nonton konser musisi favoritmu. Dengan menetapkan tujuan yang spesifik, Anda dapat menentukan jumlah dana yang harus ditabung setiap bulannya.

Hal ini memungkinkan Anda untuk tetap menikmati momen-momen spesial sambil memastikan bahwa sebagian pendapatan dialokasikan untuk masa depan.

Akan lebih baik lagi jika Anda memisahkan tabungan berdasarkan masing-masing tujuan agar dana tidak tercampur. Apalagi, jika Anda baru saja mendapatkan THR akhir tahun.

Cerdik berinvestasi untuk masa depan!

Selain menabung, Anda juga bisa melakukan investasi sebagai salah satu pemasukan tambahan. Berinvestasi memiliki beberapa manfaat, seperti menumbuhkan aset, melindungi diri dari inflasi, hingga membawa kamu selangkah lebih dekat menuju tujuan keuangan di masa depan.

Namun, sebelum berinvestasi, pastikan sudah memahami jenis-jenis produk investasi yang ada seperti reksadana, obligasi, deposito, dan lain-lain. Anda juga perlu mengetahui profil risiko agar dapat menentukan produk investasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. 

Baca Juga: Perhatikan Beberapa Hal Berikut Sebelum Memutuskan Berburu Barang Promo

Antisipasi risiko dengan asuransi

Tidak hanya menumbuhkan aset, melindungi aset yang sudah Anda miliki serta memproteksi diri sendiri juga penting! Salah satunya adalah dengan asuransi.

Dengan adanya asuransi, Anda dapat menjaga kestabilan keuangan keluarga, mewujudkan masa depan yang diinginkan, serta memproteksi diri dan orang terdekat dari kejadian tak terduga seperti kehilangan pekerjaan, penyakit, dan lain-lain.

Jangan lupa self-reward

Menabung dan merencanakan keuangan masa depan secara cermat itu harus, tetapi jangan lupa menikmati hasil kerja keras dengan memberikan reward untuk diri sendiri, ya.

Reward tersebut bisa berbentuk barang, nonton konser idola, hingga pengalaman liburan ke tempat spesial yang ada di wishlist Anda.

Semoga tips-tips ini bermanfaat untuk Anda, ya. Selamat menutup tahun 2023 dan menyambut tahun baru 2024.

Selanjutnya: Jokowi: Progres Pembangunan MRT Fase 2A Melampaui Target

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News