Bugar

Manfaat Tepung Tapioka untuk Kesehatan yang Tak Banyak Diketahui

Manfaat Tepung Tapioka untuk Kesehatan yang Tak Banyak Diketahui

MOMSMONEY.ID - Jarang ada yang tahu! Ternyata ada sederet manfaat tepung tapioka untuk kesehatan.

Tepung tapioka yang diambil dari ekstrak akar singkong merupakan bahan yang sering digunakan dalam berbagai hidangan.

Ternyata tepung ini menyimpan banyak manfaat kesehatan yang jarang diketahui. Merangkum laman Health dan WebMD, berikut ini beberapa manfaat tepung tapioka untuk kesehatan:

1. Menurunkan Kolesterol

Ada jenis tepung tapioka khusus yang disebut TRM yang bermanfaat bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi.

TRM dibuat dengan mengubah struktur tepung tapioka sehingga sulit dicerna di saluran pencernaan. Karena rasanya yang netral dan teksturnya yang halus, TRM sering digunakan dalam produk makanan kesehatan dan suplemen nutrisi.

Sebuah studi kecil menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen nutrisi yang mengandung 30% TRM dapat menurunkan kolesterol total dan LDL (kolesterol jahat).

Setelah 12 minggu, kolesterol LDL menurun sebesar 5,29% pada peserta pradiabetes dan 4,94% pada peserta dengan kadar gula darah normal.

Selain itu, TRM juga sedikit meningkatkan kolesterol HDL yang membantu membawa kolesterol jahat ke hati untuk dikeluarkan dari tubuh.

Baca Juga: Tips agar Bayi Cepat Gemuk dalam 1 Minggu, Bisa Dicoba Moms!

2. Mengontrol Gula Darah

Selain membantu menurunkan kolesterol, TRM juga dapat membantu mengontrol gula darah jangka panjang.

Dalam studi yang sama, suplemen TRM terbukti secara signifikan mengurangi kadar HbA1C, yang mengukur kadar gula darah rata-rata selama 2-3 bulan terakhir. Penurunan HbA1C berarti kontrol gula darah yang lebih baik.

TRM difermentasi oleh bakteri di usus besar dan menghasilkan senyawa yang disebut asam lemak rantai pendek (SCFA). SCFA ini diyakini dapat memicu pelepasan hormon GLP-1, yang merangsang produksi insulin dari pankreas, membantu menurunkan gula darah dan HbA1C.

Namun, manfaat ini hanya terlihat pada suplemen TRM, bukan dari tepung tapioka biasa. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pati tapioka dicerna lebih lambat dan memiliki indeks glikemik yang lebih rendah, sehingga tidak memicu lonjakan gula darah yang signifikan.

Namun, penelitian lebih lanjut pada manusia masih diperlukan.

Baca Juga: Rahasia Punya BB Ideal, Ikuti 9 Tips Gemukin Badan yang Aman Ini yuk!

3. Aman untuk Penderita Celiac dan Intoleransi Gluten

Tepung tapioka bebas gluten, sehingga aman untuk digunakan dalam makanan bebas gluten seperti roti dan kue. Ini merupakan alternatif yang baik bagi mereka yang tidak bisa mengonsumsi gluten, seperti penderita penyakit celiac.

Penyakit celiac adalah gangguan pencernaan yang disebabkan oleh konsumsi gluten dan dapat merusak usus kecil. Tepung tapioka sering dicampur dengan tepung bebas gluten lainnya, seperti tepung beras atau maizena, untuk mendapatkan tekstur yang mirip dengan produk berbahan gandum.

Selain itu, karena bebas dari gluten dan biji-bijian, tepung tapioka juga cocok untuk mereka yang menjalani diet paleo, yang membatasi semua jenis biji-bijian.

Baca Juga: 5 Minuman yang Harus Dihindari Jika Kulit Rentan Berjerawat, Apa Saja?

4. Baik untuk Jantung

Tapioka tidak mengandung lemak jenuh. Mengurangi konsumsi lemak jenuh dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Nah, itulah beberapa manfaat tepung tapioka untuk kesehatan. Mengonsumsi tapioka dalam jumlah yang umum ditemukan pada produk makanan tidak menimbulkan risiko kesehatan yang signifikan.

Namun, suplemen berbasis TRM dapat menyebabkan gejala ringan seperti kembung dan gas pada beberapa orang. Singkong mentah mengandung senyawa glikosida sianogenik yang dapat menghasilkan hidrogen sianida, zat yang beracun bagi manusia.

Oleh karena itu, singkong harus direndam dan dimasak dengan benar untuk menghilangkan senyawa berbahaya ini. Produk berbasis singkong seperti tapioka, termasuk serpihan, mutiara, dan tepung tapioka, aman dikonsumsi jika telah diproses dengan baik.

Baca Juga: 7 Minuman Terbaik untuk Mengurangi Jerawat di Wajah, Cek di Sini

Meskipun produk makanan berbahan dasar tapioka aman untuk dikonsumsi, konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan suplemen berbasis tapioka seperti TRM, terutama bagi mereka yang sedang hamil atau menyusui.

Beberapa produk yang mengandung tapioka, seperti teh boba dan puding, sering kali memiliki tambahan gula yang tinggi. Mengonsumsi gula tambahan secara berlebihan dapat berdampak buruk pada kadar gula darah, kesehatan jantung, dan berat badan. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi produk-produk manis berbasis tapioka dalam jumlah terbatas.

Demikianlah ulasan terkait manfaat tepung tapioka untuk kesehatan. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News