Keluarga

6 Tepung Paling Sehat, Ada yang Bisa Menurunkan Gula Darah

6 Tepung Paling Sehat, Ada yang Bisa Menurunkan Gula Darah

MOMSMONEY.ID - Inilah 6 tepung paling sehat yang bisa jadi pengganti tepung terigu.

Tepung terigu merupakan salah satu bahan makanan paling populer. Terbilang serbaguna, tepung terigu dapat diolah menjadi berbagai makanan mulai dari kue, pasta, hingga gorengan.

Meskipun demikian, tepung terigu dinilai kurang sehat karena proses pembuatannya dilakukan dengan cara menghilangkan kulit ari atau dedak yang menyimpan sebagian besar serat dan nutrisi dari gandum.

Melansir EatingWell dan Healthline, ada beberapa tepung paling sehat yang bisa jadi pengganti tepung terigu. Berikut daftarnya.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Minyak Makan Merah yang Presiden Jokowi Endorse

1. Tepung almond

Tepung paling sehat yang pertama adalah tepung almond.

Tepung almond terbuat dari kacang almond utuh yang direbus untuk dihilangkan kulitnya lalu digiling halus.

Tepung almond kaya akan lemak yang menyehatkan jantung serta memiliki protein dua kali lipat dan serat tiga kali lipat dibandingkan tepung serbaguna. Dikemas dengan sedikit karbohidrat, tepung almond merupakan pilihan yang bagus bagi pembuat roti yang sadar akan karbohidrat serta bagi orang-orang yang menghindari gluten.

2. Tepung kelapa

Tepung paling sehat yang kedua adalah tepung kelapa.

Diproduksi dari daging kelapa kering yang digiling halus, tepung kelapa menawarkan rasa yang kaya dengan aroma tropis yang halus. Tepung tanpa kacang dan biji-bijian ini menonjol secara nutrisi dengan 10 gram serat per cangkir, dibandingkan dengan 1 gram tepung serbaguna.

Tepung kelapa memiliki kandungan lemak yang sebanding dengan tepung almond. Faktanya, tepung kelapa cenderung bekerja paling baik jika dipadukan dengan tepung lain sebagai bagian dari campuran kue.

3. Tepung oat

Tepung paling sehat yang ketiga adalah tepung oat.

Terbuat dari gandum utuh yang digiling, tepung oat menawarkan rasa manis dan tekstur kenyal saat diolah menjadi makanan yang dipanggang. Tepung oat termasuk tepung paling sehat karena mengandung banyak protein dan serat serta dapat menggantikan hingga 20% jumlah tepung terigu dalam resep untuk menambah nutrisi.

Tepung oat merupakan kandidat terbaik untuk muffin dan roti cepat saji lainnya. Kabar baiknya, Anda bisa membuat tepung oat sendiri di rumah lho. Caranya, cukup haluskan rolled oat menggunakan food processor hingga menjadi tepung.

Baca Juga: Picu Diabetes, Ini 4 Efek Samping Susu Oat Jika Dikonsumsi Berlebihan

4. Tepung singkong

Tepung paling sehat yang keempat adalah tepung singkong.

Tepung singkong terbuat dari singkong yang dikupas, dikeringkan, lalu digiling. Meski lebih tinggi karbohidrat dibandingkan tepung terigu, namun tepung singkong secara alami bebas gluten dan kaya serat.

Tepung singkong juga memiliki rasa yang sangat netral dan konsistensi lembut, sehingga cocok untuk diolah menjadi tortilla buatan sendiri atau roti pipih tanpa biji-bijian.

5. Tepung gandum utuh

Tepung paling sehat yang kelima adalah tepung gandum utuh.

Tepung gandum utuh atau whole-wheat flour jauh lebih bergizi daripada tepung serbaguna serta mampu menghasilkan makanan panggang yang lebih padat dengan rasa yang lebih kuat.

Kaya akan serat dan mikronutrien penting seperti zat besi, magnesium, dan vitamin B6, tepung ini dibuat dengan menggiling biji gandum utuh menjadi bubuk tanpa menghilangkan bagian paling bernutrisi, yakni kulit arinya.

Kendati merupakan sumber protein, serat, serta berbagai vitamin dan mineral yang baik, namun tepung gandum utuh masih mengandung gluten. Alhasil, tepung ini tidak cocok untuk penderita penyakit celiac atau sensitivitas gluten non-celiac.

6. Tepung soba

Tepung paling sehat yang terakhir adalah tepung soba.

Tepung soba terbuat dari buckwheat (gandum kuda) giling, tanaman yang terkenal dengan bijinya yang berbentuk butiran. Terlepas dari namanya, tepung soba tidak ada hubungannya dengan gandum, sehingga bebas gluten.

Biasa digunakan untuk membuat mie soba tradisional Jepang, tepung soba merupakan sumber serat, protein, serta zat gizi mikro yang baik seperti mangan, magnesium, tembaga, besi, dan fosfor.

Penelitian menunjukkan bahwa tepung soba dapat menurunkan gula darah pada penderita diabetes dan meningkatkan biomarker kesehatan jantung. Kemungkinan, tepung ini juga memiliki sifat anti-kanker, anti-inflamasi, dan prebiotik. Prebiotik sendiri adalah sejenis serat yang memberi makan bakteri menguntungkan di usus, yang mendukung kesehatan pencernaan.

Itulah 6 tepung paling sehat yang bisa jadi pengganti tepung terigu.

Selanjutnya: Harga Emas Antam Hari Ini Bergeming, Pembeli Sepekan Lalu Tekor 10,18%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News