Bugar

7 Minuman Terbaik untuk Mengurangi Jerawat di Wajah, Cek di Sini

7 Minuman Terbaik untuk Mengurangi Jerawat di Wajah, Cek di Sini

MOMSMONEY.ID - Punya masalah jerawat di wajah? Yuk, coba minuman terbaik untuk mengurangi jerawat di wajah ini!

Jerawat sering kali menjadi masalah kulit yang mengganggu penampilan dan kepercayaan diri. Banyak faktor yang mempengaruhi timbulnya jerawat, seperti hormon, pola makan, stres, dan perawatan kulit yang tidak tepat.

Selain perawatan dari luar, ternyata apa yang kita konsumsi juga mempengaruhi kondisi kulit kita. Beberapa minuman diketahui dapat membantu mengurangi jerawat di wajah karena kandungan antioksidan, anti-inflamasi, serta detoksifikasi yang dimilikinya.

Baca Juga: 15 Makanan Pengganti Nasi untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Merangkum dari laman Skinkraft dan Byrdie, berikut adalah minuman terbaik untuk mengurangi jerawat:

1. Teh Spearmint

Teh spearmint punya sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang bagus untuk kulit. Selain itu, teh ini juga membantu mengatasi ketidakseimbangan hormon, yang sering jadi penyebab jerawat.

Penelitian menunjukkan kalau minum teh spearmint secara rutin bisa mengurangi jerawat hingga 25-50%. Anda bisa minum satu sampai dua cangkir teh spearmint setiap pagi atau sore untuk mendapatkan manfaat antioksidan dan menjaga kulit tetap bersih.

2. Teh Kunyit

Kunyit terkenal dengan manfaatnya untuk kesehatan kulit, terutama karena kurkumin, zat aktifnya, punya sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang membantu mencegah jerawat.

Untuk membuat teh kunyit, tambahkan satu sendok teh bubuk kunyit ke dalam air hangat atau susu, lalu tambahkan sedikit merica untuk membantu penyerapan kurkumin.

Anda juga bisa menambahkan jahe atau bubuk kayu manis agar lebih nikmat. Minum teh kunyit hangat setiap pagi untuk menjaga kulit tetap sehat.

Baca Juga: 13 Tips Menurunkan Berat Badan yang Terbukti Ampuh

3. Teh Matcha

Teh matcha mengandung antioksidan lebih tinggi dibanding teh hijau biasa, terutama EGCG, yang punya sifat anti-inflamasi dan antibakteri.

Selain bantu meredakan jerawat, matcha juga punya manfaat anti-penuaan. Untuk membuatnya, campurkan satu sendok teh bubuk matcha dengan air hangat, lalu tambahkan ke susu hangat dan sedikit sirup maple. Anda juga bisa menambahkan vanila atau kayu manis untuk cita rasa lebih enak.

4. Kefir

Kefir adalah minuman fermentasi kaya probiotik, yang baik untuk kesehatan usus dan kulit. Probiotik membantu menjaga kesehatan usus dan bisa membantu mengurangi jerawat.

Kandungan lactoferrin dalam kefir juga bisa melawan bakteri dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Minum segelas kefir setiap hari bisa bantu mengurangi jerawat Anda hingga 35% dalam 3 bulan.

Baca Juga: 14 Tips Diet Sehat untuk Dapatkan Berat Badan Ideal, yuk Intip di Sini!

5. Teh Dandelion

Akar dandelion kaya akan vitamin, zinc, zat besi, dan kalium. Studi dari University of Maryland menunjukkan bahwa akar dandelion membantu detoksifikasi hati dan ginjal, yang bisa mengatasi ketidakseimbangan hormon dan mengurangi peradangan penyebab jerawat.

Untuk membuat teh dandelion, seduh satu sendok teh bubuk dandelion dalam air mendidih, biarkan selama 10-15 menit, lalu minum.

6. Jus Ceri Asam

Ceri asam kaya akan vitamin dan antioksidan yang membantu menjaga kulit bersih. Selain itu, ceri asam mengandung melatonin yang membantu Anda tidur lebih nyenyak, yang juga penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Jus ceri asam juga menjaga keseimbangan pH kulit dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Sebaiknya buat jus ceri sendiri di rumah tanpa tambahan gula agar mendapatkan manfaat maksimal.

Baca Juga: 13 Tips agar Cepat Hamil yang Layak Dicoba, Pejuang Garis Dua Wajib Tahu!

7. Air Putih

Minum air putih memang terlihat sederhana, tapi penting sekali untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kulit.

Dr. Blair Murphy-Rose, seorang dokter kulit, menyatakan bahwa hidrasi yang baik bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan bantu mengurangi jerawat. Air membantu menjaga kulit tetap lembap dan mendukung proses pembersihan racun dalam tubuh.

Nah, itulah beberapa minuman terbaik untuk mengurangi jerawat di wajah Anda. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Selanjutnya: EBC Jangkau Lebih Banyak Pasar Melalui Kemitraan dengan FC Barcelona

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News