Bugar

5 Minuman yang Harus Dihindari Jika Kulit Rentan Berjerawat, Apa Saja?

5 Minuman yang Harus Dihindari Jika Kulit Rentan Berjerawat, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Ternyata ada sejumlah minuman yang harus dihindari jika kulit rentan berjerawat, lo. Intip daftarnya di sini!

Jerawat adalah masalah kulit yang sering kali disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk genetik, hormon, pola makan, dan gaya hidup.

Salah satu faktor yang sering diabaikan adalah minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Beberapa minuman bisa memicu jerawat, terutama jika kulit Anda rentan terhadap masalah ini.

Melansir Skinkraft, di bawah ini adalah beberapa minuman yang harus dihindari jika kulit rentan berjerawat:

1. Minuman Berkarbonasi

Hindari minuman berkarbonasi seperti cola, soda, atau bahkan air berkarbonasi. Minuman ini tidak hanya kaya akan gula, tapi juga dapat meningkatkan nafsu makan, yang bisa membuat kadar gula darah Anda melonjak lebih tinggi.

Baca Juga: 7 Minuman Terbaik untuk Mengurangi Jerawat di Wajah, Cek di Sini

Minuman berkarbonasi bersi diet pun bukan pilihan yang lebih baik, karena mengandung pemanis buatan yang juga buruk untuk kesehatan. Jika Anda ingin menjaga kulit bebas jerawat, sebaiknya jauhi minuman berkarbonasi.

2. Minuman Beralkohol

Alkohol menyebabkan dehidrasi yang bisa melemahkan lapisan pelindung kulit dan membuatnya rentan terhadap bakteri penyebab jerawat.

Konsumsi alkohol yang berlebihan juga dapat memicu peradangan yang bisa memperparah jerawat. Untuk menjaga kulit tetap sehat, minumlah alkohol secukupnya dan hindari anggur serta koktail yang bisa memperburuk kondisi ini.

Baca Juga: 15 Makanan Pengganti Nasi untuk Diet Menurunkan Berat Badan

3. Kopi

Kafein dalam kopi bisa mengganggu kualitas tidur dan mengubah kadar hormon kortisol dalam darah, yang dapat meningkatkan stres dan memicu jerawat. Selain itu, banyak orang menambahkan gula dan krim ke dalam kopi yang membuat kondisi kulit makin buruk.

Kopi juga bersifat diuretik, yang berarti Anda akan lebih sering buang air kecil, serta menyebabkan dehidrasi yang bisa memperburuk jerawat. Minuman energi yang mengandung kafein juga sebaiknya dihindari karena alasan yang sama.

4. Jus Kemasan dan Limun

Jus kemasan dan limun biasanya tinggi gula olahan yang dapat memicu jerawat, terutama jika Anda sudah rentan terhadap masalah kulit ini. Lebih baik konsumsi jus segar buatan sendiri yang mengandung vitamin dan mineral tanpa tambahan gula berlebih.

Baca Juga: 14 Tips Diet Sehat untuk Dapatkan Berat Badan Ideal, yuk Intip di Sini!

5. Susu Sapi

Meskipun kaya akan nutrisi, susu sapi bisa memperburuk masalah jerawat, terutama jika Anda sulit mencerna laktosa. Susu sapi juga sering mengandung hormon dan antibiotik yang dapat memicu peradangan dan meningkatkan produksi minyak di kulit.

Anda bisa mencoba alternatif susu nabati, seperti susu almond atau susu beras merah, yang lebih ramah untuk kulit dan tidak memperburuk jerawat.

Demikian ulasan terkait beberapa minuman yang harus dihindari jika kulit rentan berjerawat. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Strategi Panca Mitra Multiperdana (PMMP) Hadapi Penurunan Kinerja Ekspor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News