Keluarga

4 Manfaat Baik Konsumsi Air Kelapa, Cegah Diabetes hingga Kontrol Gula Darah

4 Manfaat Baik Konsumsi Air Kelapa, Cegah Diabetes hingga Kontrol Gula Darah

MOMSMONEY.ID - Ada banyak manfaat baik dari air kelapa, terutama bagi Anda yang telah berusia 30 tahun ke atas.

Air kelapa merupakan air dengan elektrolit yang mirip dengan cairan dalam tubuh manusia. Itulah sebabnya air kelapa mampu mengatasi dehidrasi.

Ternyata air kelapa juga bermanfaat mengatasi berbagai macam penyakit lain seperti tekanan darah, diabetes, hingga kerutan pada kulit, loh!

Penasaran dengan segudang manfaat dari air kelapa? Melansir dari Royco dan Healthy Shots, berikut manfaat baik dari air kelapa!

Baca Juga: 6 Trik Bikin Smoothie Buatanmu Bertekstur Sangat Kental dan Creamy

Menstabilkan gula darah

Riset dalam Journal of Medicine Food yang dilansir dari Healthy Shots menunjukkan bahwa air kelapa mampu menstabilkan gula darah.

Gula darah rendah

Ternyata, manfaat baik dari air kelapa ini disebabkan oleh banyaknya kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga kadar gula darah tetap terkendali, seperti natrium, magnesium, zat besi, potassium, kalium, serat, dan kalsium.

Kandungan asam amino arginine juga baik bagi pancreas guna memproduksi hormon insulin dengan kadar yang normal, sehingga gula darah tidak meningkat tajam.

Baca Juga: 5 Metode Rahasia untuk Ketahui Telur Rebus Sudah Matang atau Belum

Mengontrol tekanan darah

Tahukah Anda bahwa air kelapa bisa menurunkan tekanan darah tinggi, loh! Tak hanya itu, air kelapa juga bisa menetralisir peredaran darah dari berbagai racun dalam tubuh.

Ini disebabkan air kelapa mengandung potasium yang punya fungsi baik bagi otot dan jantung. Potasium mampu menstabilkan tekanan darah agar selalu normal. Jadi, bagi anda pengidap hipertensi ataupun anemia, perbanyak minum air kelapa karena dapat membantu menstabilkan tekanan darah, ya.

Adapun kandungan kalium pada air kelapa yang juga baik untuk peredaran darah. Kalium mampu membuat pembuluh darah jadi lebih elastis, sehingga dapat melancarkan peredaran darah.

Baca Juga: Kenapa Bayam yang Menghitam Sebabkan Racun? Ini 5 Tips Menghindarinya

Baik bagi penderita diabetes

diabetes tipe 2

Perlu Moms ketahui, biasanya penderita diabetes memiliki sirkulasi darah yang cukup buruk.

Banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat dalam air kelapa mampu membuat peredaran sirkulasi darah menjadi lancar.

Sirkulasi darah yang buruk lama kelamaan akan memiliki efek jangka panjang seperti seringnya mengalami kram otot hingga risiko gagal ginjal.

Tentu Moms tidak mau ini terjadi pada diri anda ataupun keluarga, kan? Untuk itu mari konsumsi air kelapa secara rutin untuk menormalkan aliran darah dalam tubuh.

Baca Juga: 6 Cara Pilih Buah dan Sayur Berkualitas Baik Ala Koki Profesional

Mencegah efek penuaan dini

Efek penuaan dini yang terjadi umumnya berupa kerutan yang mulai muncul di area mata hingga leher. Efek penuaan dini ini sudah mulai muncul pada wanita di usia 25 tahun-an, loh!

Tapi jangan khawatir, menurut Journal of Current Trends in Clinical Medicine & Labolatory Biochemistry mengatakan bahwa air kelapa mengandung sitokinin yang berfungsi sebagai anti-aging!

Penuaan Dini

Baca Juga: 7 Tanda Mengerikan Akibat Dehidrasi yang Jarang Disadari, Bikin Otak Mengecil!

Kabar baiknya, sitokinin ini berkolaborasi dengan vitamin C dalam mencegah efek penuaan dini berupa kerutan yang semakin lama banyak bermunculan, terutama pada kulit wajah wanita.

Dengan adanya kedua kandungan tersebut dalam air kelapa, kulit dapat memproduksi kolagen lebih banyak sehingga menjadi kenyal & elastis.

Selain itu, seluruh tubuh juga akan merasakan efeknya seperti mempercepat pergantian sel-sel lama menjadi baru.

Itulah deretan manfaat air kelapa yang baik untuk tubuh. Konsumsi air kelapa ini secara rutin untuk rasakan efeknya.

Selanjutnya: BP Jamsostek Cetak Kinerja Positif Dana dan Hasil Investasi di 2023, Ini Target 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News