Bugar

Apakah Asam Urat Boleh Diurut? Intip Jawabannya di Sini

Apakah Asam Urat Boleh Diurut? Intip Jawabannya di Sini

MOMSMONEY.ID - Terkadang penderita asam urat ingin memijat atau mengurut bagian yang terdampak asam urat tersebut. Namun, apakah asam urat boleh diurut?

Pijatan seringkali digunakan untuk meredakan rasa sakit atau nyeri di badan. Asam urat juga kerap menimbulkan gejala yang menyakitkan dan bisa ganggu aktivitas harian penderitanya.

Asam urat adalah kondisi inflamasi yang terjadi pada sendi. Sendi yang terkena akan membengkak, terasa panas, dan nyeri. Melansir dari Halodoc, selain pengobatan medis, terdapat pula pengobatan alternatif asam urat seperti pijat (urut) atau akupunktur.

Pijat adalah terapi kuno yang efektif dalam meningkatkan mekanisme penyembuhan tubuh secara alami, merangsang metabolisme, meningkatkan sirkulasi darah ke sendi yang rusak dan jaringan otot di sekitarnya, mengurangi nyeri, dan mencegah kejang.

Baca Juga: Ini Rekomendasi Buah yang Bagus untuk Asam Urat!

Walaupun pijat merupakan terapi kuno, penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Bodywork and Movement Therapies menunjukkan bahwa penderita artritis yang mendapatkan terapi pijat merasakan lebih sedikit nyeri dan pemulihan yang lebih cepat.

Studi lain yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine menunjukkan bahwa pijat dapat mengurangi nyeri secara signifikan dan meningkatkan fungsi lutut pada penderita osteoarthritis. Ini berarti, penderita asam urat dapat melakukan pijat sebagai terapi penyembuhan alternatif selain pengobatan medis.

Baca Juga: Catat! Ini Daftar Buah yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

Selain pemijatan, ada beberapa cara lain untuk mengelola gejala asam urat, seperti:

  • Mengonsumsi obat anti-inflamasi nonsteroid (AINS) dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan.
  • Mengurangi konsumsi makanan tinggi purin, seperti daging merah dan seafood, serta menghindari alkohol.
  • Menjaga berat badan ideal karena kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko serangan asam urat.
  • Minum banyak air akan membantu mengencerkan urin dan mempercepat proses pengeluaran asam urat dari tubuh.

Baca Juga: Atasi Asam Urat di Kaki dengan Cara Sederhana Ini, yuk!

Itulah uraian jawaban dari pertanyaan, apakah asam urat boleh diurut atau tidak. Intinya, pemijatan atau urut boleh dilakukan pada penderita asam urat, tetapi dengan beberapa catatan. Harus dilakukan dengan hati-hati, oleh terapis yang berpengalaman.

Selalu konsultasikan dengan dokter Anda sebelum melakukan pemijatan atau urut untuk kondisi asam urat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News