Bugar

Makanan Favorit Banyak Orang, Berapa Jumlah Kalori Seporsi Mie Ayam?

Makanan Favorit Banyak Orang, Berapa Jumlah Kalori Seporsi Mie Ayam?

MOMSMONEY.ID - Mie ayam adalah salah satu makanan favorit yang banyak dinikmati oleh berbagai kalangan di Indonesia. Namun, bagi mereka yang sedang mengatur asupan kalori harian, penting untuk mengetahui berapa jumlah kalori mie ayam.

Momsmoney akan mengulas jumlah kalori mie ayam pada kesempatan kali ini. Simak, yuk!

Komposisi Mie Ayam

Mie ayam terdiri dari beberapa komponen utama yang masing-masing memiliki kandungan kalori tertentu.

Pertama, ada mie yang biasanya dibuat dari tepung terigu, air, dan sedikit garam. Mie ini kemudian direbus hingga matang dan biasanya disajikan dengan minyak ayam atau minyak bawang untuk menambah kelezatan.

Kedua, topping utama adalah ayam yang umumnya direbus atau dimasak dengan kecap dan bumbu rempah sehingga memiliki rasa yang khas dan gurih.

Terakhir, mie ayam seringkali disajikan dengan sayuran seperti sawi hijau rebus dan ditaburi dengan bawang goreng serta saus sambal sebagai pelengkap.

Baca Juga: 12 Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan yang Luar Biasa, Ada Apa Saja ya?

Berapa Jumlah Kalori Mie Ayam?

Melansir dari Hello Sehat, satu porsi mie ayam memiliki kalori sebesar 421 kkal dan berat 240 gram. Kalori ini setara dengan sekitar 16% dari total kebutuhan kalori harian seorang pria dewasa dan 19% untuk wanita dewasa.

Mie ayam bisa dikategorikan sebagai makanan yang tinggi kalori karena satu porsinya mengandung lebih dari 400 kkal. Komposisi kalori pada mie ayam berasal dari berbagai komponen, termasuk mie yang terbuat dari tepung, topping ayam, serta bumbu yang digunakan.

Dalam komposisi kalori tersebut, karbohidrat yang berasal dari tepung mie menyumbang sekitar 44% dari total kalori. Lemak yang berasal dari kulit ayam, gajih, dan minyak menyumbang 40%, sedangkan protein dari ayam hanya menyumbang 16% dari total kalori.

Baca Juga: Bagus untuk Kulit, Ini 5 Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan Anda

Sedang Diet, Bolehkah Makan Mie Ayam?

Mie ayam dapat Anda konsumsi saat diet asal tidak berlebihan. Untuk efektif menurunkan berat badan, Anda harus mengontrol asupan karbohidrat harian antara 225 hingga 325 gram dan asupan lemak harian sekitar 65 gram.

Idealnya, setiap porsi makanan yang Anda konsumsi saat diet harus mengandung sekitar 45 gram karbohidrat dan 13 gram lemak.

Ketika menyantap mie ayam, cobalah untuk mengurangi jumlah mie dan minyak yang digunakan, serta hindari mengonsumsi gajih dan kulit ayam. Penggunaan kecap manis juga sebaiknya dikurangi.

Baca Juga: Mau Turun Berat Badan? Yuk, Ketahui Manfaat Cuka Apel untuk Diet

Demikianlah pembahasan terkait jumlah kalori mie ayam yang dapat Anda ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Twibbon Hari Bhayangkara ke- 78, 1 Juli 2024 dan Cara Membagikan Twibbonnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News