Keluarga

Viral Mie Ayam Harga 3.000 Pakai Ayam Proteina, Apa Itu?

Viral Mie Ayam Harga 3.000 Pakai Ayam Proteina, Apa Itu?

MOMSMONEY.ID - Di sosial media TikTok, viral ada pedagang yang menjual mie ayam satu porsi seharga Rp 3.000. Pedagang tersebut membagikan rahasia jualannya kenapa bisa murah yaitu menggunakan ayam proteina.

Lalu apa itu ayam proteina? Kenapa bisa dijual dengan harga murah, dan apa dampaknya jika mengonsumsi ayam proteina? 

Dalam video yang diunggah tersebut, banyak para pengguna aktif TikTok yang memberikan komentar bahawa ayam proteina berbahaya bagi tubuh. Benarkah demikian?

Baca Juga: Bunga Deposito BRI di Bulan Maret 2024, Tertinggi Masih 4,00%

Ayam proteina adalah jenis makanan olahan yang diproduksi oleh PT Aneka Sarivita atau yang dikenal dengan mereknya Proteina. Perusahaan ini memiliki produk Proteina dan Protemil yang merupakan olahan tepung protein kedelai dan tidak mengandung protein hewani. 

Ayam proteina ini bisa digunkan sebagai isian martabak asin, macaroni schotel, risol bahkan dijadikan sate lilit atau sate daging cincang. Ayam Proteina bisa dibeli melalui Shopee ataupun Tokopedia dengan harga mulai dari Rp 13.500 per 250 gram. 

Untuk mengonsumsi ayam proteina, Moms perlu merendamnya dengan  air bersih sekitar 5-15 menit hingga mengembang. Setelah itu remas-remas hingga kering dan bilas kembali. Setelah itu ayam proteina sudah bisa diolah dengan berbagai masakan. 

Nah maka dari itu ayam proteina bisa jadi alternatif makanan bagi Anda yang vegetarian karena hanya mengandung protein nabati. 

Baca Juga: Resep Sapo Tahu Seafood, Menu Chinese Food Lengkap Ada Udang, Cumi, dan Gurami

Melansir Hello Sehat, protein nabati adalah jenis protein yang bukan berasal dari hewan sehingga tidak mengandung kolesterol dan lemak jenuh. Sehingga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol darah penyebab penyakit jantung koroner, stroke dan gagal jantung ataupun diabetes dan kanker. 

Jenis protein nabati juga bisa membantu menjaga berat badan karena menimbulkan rasa kenyang lebih cepat dan tahan lama.

Namun di sisi lain protein nabati tidak mengandung vitamin dan mineral sebanyak protein hewani seperti vitamin B12, vitamin D, DHA, zat besi dan zink. Sehingga protein nabati sering disebut sumber protein tidak lengkap. 

Lebih lanjut, itu tadi kelebihan dan kekurangan protein hewani dan nabati. Jadi bahaya atau tidak mengonsumsi proteina? Hingga saat ini belum ada penelitian lebih lanjut mengenai bahaya konsumsi ayam proteina. 

Selanjutnya: Bunga Deposito Bank CIMB Niaga di Bulan Maret, Tertinggi 4,60%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News