Bugar

12 Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan yang Luar Biasa, Ada Apa Saja ya?

12 Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan yang Luar Biasa, Ada Apa Saja ya?

MOMSMONEY.ID - Daun mint memiliki aroma yang segar. Tidak hanya populer sebagai penambah rasa dalam makanan dan minuman, terdapat sejumlah manfaat daun mint untuk kesehatan. Apa saja sih manfaatnya?

Merangkum  dari laman Organic Facts dan Halodoc, di bawah ini adalah beberapa manfaat daun mint untuk kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Mengatasi gangguan pencernaan

Mint telah lama digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi masalah pencernaan. Sifat antispasmodiknya membantu meredakan gejala sindrom iritasi usus besar (IBS) dan nyeri perut, sementara aroma mint yang kuat dapat mengurangi mual dan muntah.

Baca Juga: Bagus untuk Kulit, Ini 5 Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan Anda

2. Meningkatkan kesehatan mulut

Mint memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang membantu membersihkan mulut dan menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Mengunyah daun mint atau menggunakan produk kebersihan mulut yang mengandung mint dapat meningkatkan kesegaran napas dan kesehatan gusi.

3. Meringankan gejala pilek

Mentol dalam mint bertindak sebagai dekongestan alami, membantu mengurangi sumbatan hidung dan saluran pernapasan. Inhalasi uap yang mengandung minyak esensial mint dapat membantu mengurangi gejala pilek dan sinusitis.

4. Membantu mengendalikan stres dan depresi

Mint memiliki efek menenangkan pada otak dan tubuh. Minyak esensial mint yang dihirup dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan suasana hati, menjadikannya terapi yang efektif untuk mengatasi kecemasan dan depresi ringan.

Baca Juga: Coba yuk! Ini Daftar Jus Penurun Darah Tinggi Paling Cepat dan Efektif

5. Menurunkan berat badan

Mint mendukung peningkatan fungsi pencernaan dan metabolisme. Hal ini dapat membantu menjaga berat badan Anda tetap ideal.

6. Mencegah keracunan makanan

Mint efektif menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya seperti Escherichia coli dan Salmonella typhi. Mengonsumsi daun mint dapat mencegah tubuh Anda keracunan makanan.

7. Meningkatkan kualitas tidur

Aromaterapi mint dapat meredakan stres dan ansietas, membantu memperbaiki kualitas tidur, khususnya bagi mereka yang menderita insomnia.

Baca Juga: Mau Turun Berat Badan? Yuk, Ketahui Manfaat Cuka Apel untuk Diet

8. Mengurangi nyeri menyusui

Mengoleskan daun mint yang telah dihaluskan ke permukaan puting dapat mengurangi rasa nyeri bagi ibu menyusui.

9. Meredakan gejala premenstrual syndrome (PMS)

Mint dapat meredakan kram perut yang umum terjadi selama PMS dengan mengonsumsi air rebusan daun mint pada hari-hari awal menstruasi.

10. Mengatasi peradangan jerawat

Mint mengandung asam salisilat dan vitamin A yang efektif dalam mengendalikan produksi minyak berlebih dan mengurangi peradangan jerawat.

Baca Juga: Apakah Kentang Bagus untuk Diet atau Tidak? Cek Faktanya di Sini, yuk

11. Membantu mengatasi komedo

Antioksidan dan mentol dalam mint membantu membersihkan komedo yang terbentuk akibat penumpukan minyak dan sel kulit mati.

12. Meningkatkan memori

Penelitian menunjukkan bahwa mengunyah permen karet mint dapat meningkatkan memori dan kewaspadaan mental.

Nah, itulah beberapa manfaat daun mint untuk kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News