Bugar

Khasiat Susu Rendah Lemak untuk Asam Lambung, Ada Rekomendasi Susu Lainnya

Khasiat Susu Rendah Lemak untuk Asam Lambung, Ada Rekomendasi Susu Lainnya

MOMSMONEY.ID - Untuk penderita asam lambung, konsumsi produk susu tertentu bisa memperburuk gejala. Namun, hal itu tidak akan terjadi dengan konsumsi susu rendah lemak. Pada kesempatan kali ini, Momsmoney akan mengulas khasiat susu rendah lemak untuk asam lambung sekaligus memberikan rekomendasi susu lainnya. Simak hingga akhir, ya!

Khasiat susu rendah lemak untuk asam lambung

Melansir dari laman Hello Sehat, jenis susu yang ideal untuk penderita asam lambung adalah yang mengandung 0 – 2,5% lemak. Susu rendah lemak atau bebas lemak dapat berfungsi sebagai buffer yang membantu menstabilkan pH lambung.

Karena sifat buffer tersebut, susu ini tidak mudah terpengaruh oleh perubahan tingkat keasaman, yang artinya konsumsi susu ini tidak akan meningkatkan keasaman di lambung Anda.

Baca Juga: Jeruk Nipis untuk Asam Lambung, Aman atau Tidak? Intip Daftar Buah Pantangan Lainnya

Dibandingkan susu tinggi lemak, susu rendah lemak lebih mudah dicerna dan memiliki kemungkinan lebih kecil untuk menyebabkan produksi asam lambung yang berlebih.

Hal ini dikarenakan kandungan lemak yang lebih rendah tidak memicu relaksasi tidak tepat dari sphincter esofagus bawah (LES)—katup yang berfungsi sebagai gerbang antara esofagus dan perut.

Ketika LES relaks secara tidak tepat, asam lambung bisa naik ke esofagus, yang kemudian menimbulkan sensasi terbakar.

Selain itu, susu dengan kandungan lemak yang lebih tinggi cenderung bertahan lebih lama di usus, sehingga meningkatkan kemungkinan terjadinya asam lambung.

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Apakah Jahe Bisa Mengobati Asam Lambung?

Rekomendasi susu yang bagus untuk asam lambung lainnya

Selain susu rendah lemak, di bawah ini ada rekomendasi susu yang bagus untuk asam lambung lainnya, bersumber dari laman Nature Word:

1. Susu Almond

Susu almond dikenal sebagai penetral asam yang efektif, membuatnya ideal untuk mereka yang sering mengalami asam lambung. Karena sifat alkalisnya, susu almond membantu menetralkan keasaman makanan.

2. Susu Kedelai

Bagi mereka yang menderita asam lambung, mempertimbangkan diet nabati yang meliputi lebih banyak produk kedelai bisa sangat membantu.

Produk kedelai bersifat alkalis, berlawanan dengan sifat asam yang dimiliki oleh semua jenis daging dan sebagian besar kacang, yang merupakan makanan pembentuk asam.

Dibandingkan dengan susu sapi, susu kedelai memiliki komposisi alkali yang menjadikannya pilihan yang lebih sehat dan efektif bagi mereka yang menderita asam lambung.

Baca Juga: Daftar Makanan Penyembuh Asam Lambung yang Dapat Anda Coba

3. Yoghurt

Yoghurt bisa berfungsi sebagai penyangga untuk meringankan gejala mulas, sama seperti susu. Karena kemampuannya untuk melapisi kerongkongan, yoghurt dapat mencegah iritasi lapisan dalam kerongkongan yang disebabkan oleh asam.

4. Susu Dingin

Konsumsi susu dingin sering dianggap bisa mengurangi penumpukan asam karena efek pendinginannya yang memberikan relief cepat dari sensasi terbakar yang terjadi saat refluks. Itulah mengapa segelas susu dingin adalah obat rumahan yang populer untuk asam lambung.

Nah, itulah ulasan lengkap terkait khasiat susu rendah lemak untuk asam lambung serta rekomendasi susu lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Dorong UMKM Lokal Maju, Shopee Hadirkan Fitur Pilih Lokal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News