Bugar

Mitos atau Fakta, Apakah Jahe Bisa Mengobati Asam Lambung?

Mitos atau Fakta, Apakah Jahe Bisa Mengobati Asam Lambung?

MOMSMONEY.ID - Jahe adalah salah satu bumbu dapur yang sering digunakan dalam berbagai makanan dan minuman. Sudah menjadi rahasia umum apabila jahe memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk untuk asam lambung. Namun, timbul pertanyaan, apakah jahe bisa mengobati asam lambung?

Melansir dari Medical News Today, penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat membantu mengurangi gejala asam lambung dengan beberapa cara.

Pertama, jahe dapat meningkatkan motilitas atau gerakan alami saluran pencernaan, yang membantu makanan dan asam bergerak melalui perut dan usus dengan lebih efisien, mengurangi risiko refluks asam ke kerongkongan.

Kedua, jahe sering digunakan untuk meredakan mual. Penelitian menunjukkan bahwa dosis harian sekitar 1.500 miligram jahe dapat mengurangi mual dan muntah terkait kehamilan.

Meskipun ada bukti yang menunjukkan bahwa jahe bermanfaat untuk pencernaan dan mual, bukti yang mengaitkan jahe dengan pengurangan refluks asam masih terbatas.

Baca Juga: 8 Manfaat Menghirup Udara Segar di Pagi Hari, Jangan Dilewatkan ya

Selain itu, jahe memiliki efek karminatif, yang berarti ia dapat membantu mengurangi gas dalam saluran pencernaan, salah satu faktor yang dapat memperburuk gejala asam lambung.

Akan tetapi, penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih dari 6 gram jahe dapat memperburuk gejala refluks asam dan mulas.

Penelitian ilmiah juga menyebutkan bahwa jahe dapat melemaskan sfingter esofagus bagian bawah (LES), yang dapat meningkatkan risiko refluks asam.

LES adalah cincin serat otot yang menghubungkan kerongkongan ke perut, memungkinkan makanan masuk ke perut dan mencegah isi perut kembali ke kerongkongan. Ketika LES rileks pada waktu yang salah, asam lambung dapat naik ke kerongkongan.

Banyak penelitian menyarankan bahwa konsumsi jahe mungkin tidak sesuai bagi individu yang rentan terhadap refluks asam, karena mulas sering menjadi efek samping yang umum.

Baca Juga: 11 Buah Penurun Asam Lambung yang Ampuh dan Mudah Didapatkan

Lantas, apakah jahe bisa mengobati asam lambung? Hingga kini masih belum ada bukti yang kuat atas efektifitas jahe dalam mengobati asam lambung.

Untuk pengobatan asam lambung yang tepat, Anda dapat berkonsultasi langsung ke dokter. Nantinya dokter akan memberikan resep obat yang sesuai dengan kondisi Anda. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News