Bugar

Susu Kedelai untuk Asam Lambung, Cek Juga Susu Lainnya yang Aman untuk GERD

Susu Kedelai untuk Asam Lambung, Cek Juga Susu Lainnya yang Aman untuk GERD

MOMSMONEY.ID - Penderita asam lambung wajib tahu, ini manfaat susu kedelai untuk asam lambung.

Susu dan produk susu lainnya diketahui dapat membantu mengatasi gejala heartburn dalam beberapa situasi. Sebagian orang menganggap bahwa konsumsi susu dapat melapisi dinding esofagus, sehingga meredakan iritasi pada esofagus dan mengurangi gejala heartburn.

Selain itu, kandungan kalsium yang tinggi dalam susu berperan dalam menurunkan tingkat keasaman di dalam perut. Namun, produk susu yang tinggi lemak bisa justru memperburuk gejala asam lambung.

Oleh karena itu, susu dengan kandungan lemak rendah seringkali disarankan sebagai pilihan yang lebih baik untuk mengelola kondisi ini.

Baca Juga: Cara Diet Alami Turunkan Berat Badan Dalam 15 Hari, Intip Rahasianya Berikut

Susu kedelai jadi salah satu yang direkomendasikan bagi penderita asam lambung. Melansir dari laman Nature Word, seseorang yang mengalami GERD mungkin akan mendapatkan manfaat dengan mengadopsi diet berbasis nabati yang melibatkan konsumsi lebih banyak produk kedelai.

Berbeda dari sifat asam yang umumnya ditemukan pada daging dan sebagian besar jenis kacang, produk kedelai bersifat basa, yang membantu dalam mengurangi pembentukan asam dalam tubuh.

Susu kedelai memiliki komposisi alkali yang menjadikannya alternatif yang lebih sehat, terutama untuk mereka yang berjuang dengan masalah asam lambung. Susu kedelai memiliki kandungan lemak yang lebih rendah, sehingga efektif dalam membantu mengurangi gejala refluks asam.

Baca Juga: Daftar Tanaman Herbal untuk Diabetes, Ayo Cek di Sini!

Tak hanya susu kedelai, berikut ini adalah susu yang aman untuk asam lambung lainnya yang sudah Momsmoney rangkumkan dari laman Medical News Today:

1. Susu almond

Dibuat dari almond yang dihaluskan dan air, susu almond memiliki tekstur ringan dan rasa yang sedikit manis. Susu ini sangat rendah kalori dan lemak, menjadikannya pilihan yang baik bagi penderita asam lambung.

2. Susu beras

Susu beras, yang terbuat dari beras yang direndam, digiling, dan dicampur dengan air, merupakan pilihan yang baik bagi orang yang alergi terhadap kedelai atau kacang. Minuman ini memiliki kandungan lemak yang sangat rendah dan diperkaya dengan vitamin dan mineral.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Teh Hijau untuk Diet, Benarkah Bisa Bikin BB Turun?

3. Susu gandum

Meski kurang populer, susu gandum adalah pilihan lain untuk pengganti susu yang berasal dari biji-bijian. Seperti susu beras, susu gandum juga memiliki kandungan lemak yang rendah dan biasanya tidak mengandung gluten. Namun, susu ini tidak cocok bagi mereka dengan alergi atau sensitivitas gluten.

4. Susu mete

Dibuat dari kacang mete yang dicampur dengan air, susu mete memiliki tekstur krem dan rasa yang kaya. Susu mete merupakan sumber yang baik dari lemak sehat dan protein, dan biasanya bebas dari kolesterol dan rendah lemak jenuh, yang mungkin bermanfaat bagi penderita asam lambung.

Nah, demikianlah pembahasan terkait manfaat susu kedelai untuk asam lambung dan rekomendasi susu ramah GERD lainnya. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News