Bugar

Menilik Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan, Ada 7 Khasiat Tersembunyi

Menilik Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan, Ada 7 Khasiat Tersembunyi

MOMSMONEY.ID - Tahukah Anda tentang manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan? Yap, daun satu ini rupanya telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional di berbagai negara untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan.

Menyadur dari laman Hello Sehat, berikut ini adalah tujuh manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Mengatasi infeksi jamur

Daun kumis kucing berguna dalam mengatasi infeksi jamur. Studi menemukan bahwa ekstrak hidroalkohol dari tanaman ini dapat menghambat pertumbuhan Candida albicans, yang sering menjadi penyebab infeksi jamur.

Baca Juga: 12 Buah Paling Bergizi yang Bagus untuk Kesehatan Anda, Cek Ada Apa Saja!

2. Mengobati maag

Tanaman ini juga berguna untuk mengatasi penyakit maag atau tukak lambung. Antioksidan yang terkandung dalam kumis kucing dapat mengurangi pelepasan asam lambung dan membantu pembentukan mukosa lambung, lendir yang melindungi dinding lambung dari iritasi asam.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Daun kumis kucing memiliki manfaat dalam menurunkan tekanan darah. Kandungan anti-inflamasi dalam tanaman ini membantu mengurangi peradangan pada pembuluh darah.

Sementara itu, senyawa sinensetin berfungsi sebagai diuretik yang membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Baca Juga: Inilah 15 Cara Alami Menurunkan Darah Tinggi yang Dapat Anda Coba

4. Mengobati infeksi saluran kencing

Tanaman kumis kucing terkenal akan khasiatnya dalam pengobatan infeksi saluran kencing. Berkat sifat antimikroba yang dimilikinya, tanaman ini efektif melawan infeksi pada saluran kemih.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Fitoterapia, ekstrak daun kumis kucing dapat menghambat pertumbuhan Uropathogenic Escherichia coli yang sering menjadi penyebab infeksi saluran kemih.

5. Menurunkan kadar glukosa darah

Selain itu, tanaman ini juga bermanfaat bagi penderita diabetes. Flavonoid dan saponin dalam kumis kucing berperan dalam menurunkan kadar glukosa darah.

Flavonoid menghambat aktivitas enzim alfa-amilase dan glukosidase yang bertanggung jawab atas pemecahan karbohidrat menjadi glukosa, sedangkan saponin menghambat d-glucose cotransport system dan merangsang produksi insulin.

Baca Juga: 4 Jenis Buah yang Perlu Dihindari Penderita Diabetes, Catat ya!

6. Mengobati penyakit rematik

Kumis kucing juga dikenal dapat mengobati penyakit rematik. Penyakit ini sering kali disebabkan oleh sistem imun yang menyerang jaringan tubuh yang sehat.

Flavonoid dalam kumis kucing berpotensi menurunkan respons imun dan memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan pada penderita rematik.

7. Mencegah asam urat

Tanaman ini juga efektif dalam mencegah penyakit asam urat. Sebuah studi dalam Jurnal Kesehatan Santika Meditory menunjukkan, daun kumis kucing dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Yakni, dengan sifat antiradang yang membantu menghambat pembentukan asam urat dan memfasilitasi pengeluarannya melalui urine.

Demikianlah ulasan terkait manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News