Bugar

Kental Manis Tidak Boleh Diseduh, Begini Penjelasan dari Dokter, Moms!

Kental Manis Tidak Boleh Diseduh, Begini Penjelasan dari Dokter, Moms!

MOMSMONEY.ID - Di kalangan pecinta kopi dan teh, kental manis sering menjadi pilihan untuk menambah kelezatan minuman. Namun, banyak yang tidak menyadari bahwa kental manis sebaiknya tidak digunakan sebagai pengganti susu atau krim dalam minuman panas. Ada alasan penting mengapa kental manis tidak boleh diseduh langsung.

Baca Juga: Kesepian Bisa Meningkatkan Risiko Stroke, Ini Penjelasannya

Menyadur dari laman Klik Dokter, dr. Theresia Rina Yunita menjelaskan bahwa BPOM telah menyarankan untuk tidak menyeduh kental manis karena kandungan gulanya yang sangat tinggi.

Kental manis sebenarnya dirancang sebagai pelengkap atau topping untuk makanan dan minuman, bukan sebagai pengganti susu.

Terdapat juga kesalahpahaman di masyarakat yang menganggap kental manis sebagai produk susu yang sehat untuk anak-anak.

Banyak orang tua yang menjadikannya sebagai pengganti susu formula karena harganya yang lebih murah, padahal ini tidak disarankan.

Baca Juga: Jangan Dilewatkan! Ini 7 Manfaat Konsumsi Rumput Laut untuk Kesehatan Anda

Proses pembuatan kental manis melibatkan pengurangan sebagian besar air dari susu sapi dan penambahan gula. Hal tersebut membuat konsistensinya menjadi lebih kental dan manis.

Ini berarti kental manis mengandung gula dua kali lebih banyak daripada susu sapi biasa dan tidak memiliki nutrisi penting seperti protein, kalsium, vitamin D, dan lain-lain yang ditemukan dalam susu yang baik untuk pertumbuhan anak.

Jadi, kesimpulannya memang kental manis tidak boleh diseduh. Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis, termasuk kental manis, dapat meningkatkan risiko resistensi insulin, yang kemudian bisa berujung pada diabetes tipe 2 dan masalah kesehatan lainnya.

Baca Juga: Patut Diwaspadai, Ini 11 Tanda Gula Darah di Tubuh Anda Tinggi

Konsumsi berlebihan kental manis dapat membebani organ yang masih berkembang, seperti ginjal, terutama karena kandungan gula dan sodium yang tinggi.

Selain itu, konsumsi kental manis berlebih juga dapat meningkatkan risiko obesitas. Memilih alternatif yang lebih sehat dan menghindari penggunaan kental manis dalam minuman panas dapat membantu menjaga kesehatan jangka panjang dan mengurangi risiko penyakit berbahaya seperti diabetes dan lainnya. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Ambisi Vladimir Putin & Xi Jinping Bentuk Pakta Keamanan Eurasia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News