Bugar

17 Makanan Penurun Gula Darah yang Layak Dicoba, Penderita Diabetes Catat ya!

17 Makanan Penurun Gula Darah yang Layak Dicoba, Penderita Diabetes Catat ya!

MOMSMONEY.ID - Memilih makanan yang tepat dan sehat penting bagi semua orang, terutama Anda yang mengalami diabetes. Ada sejumlah makanan penurun gula darah yang dapat Anda coba, lo. Apa saja sih daftarnya?

Bersumber dari laman Healthline, di bawah ini adalah beberapa makanan penurun gula darah yang layak Anda coba:

1. Brokoli dan Kecambah Brokoli

Sulforaphane yang ditemukan dalam brokoli dan kecambahnya adalah isothiocyanate yang menurunkan gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Dianjurkan mengkonsumsi brokoli dan kecambahnya secara mentah atau dikukus untuk meningkatkan ketersediaan sulforaphane.

Baca Juga: Beras Merah untuk Diabetes Atur Gula Darah, Ini Porsi yang Tepat untuk Dikonsumsi

2. Makanan Laut

Makanan laut seperti ikan dan kerang kaya akan protein, lemak sehat, dan nutrisi penting yang membantu memperlambat pencernaan dan mencegah lonjakan gula darah.

3. Labu dan Biji Labu

Labu dan bijinya diketahui dapat mengatur kadar gula darah karena kandungan serat dan polisakarida. Biji labu khususnya, kaya akan lemak sehat dan protein, dan telah terbukti menurunkan gula darah.

Baca Juga: 14 Ramuan Herbal untuk Kolesterol yang Dapat Anda Coba, Cek di Sini ya

4. Kacang dan Selai Kacang

Kacang, termasuk selai kacang, adalah sumber protein yang baik dan memiliki efek stabilisasi pada kadar gula darah, serta membantu mengurangi kadar gula darah puasa dan pasca makan.

5. Okra

Okra mengandung senyawa seperti polisakarida yang menurunkan gula darah. Selain itu, biji okra juga telah dikenal memiliki sifat penurun gula darah.

6. Biji Rami

Dikenal karena kandungan serat dan lemak sehatnya, biji rami dapat membantu mengurangi kadar gula darah dan meningkatkan regulasi gula darah jangka panjang.

Baca Juga: 10 Makanan Pemicu Asam Lambung yang Sebaiknya Anda Hindari, Apa Saja?

7. Kacang dan Lentil

Kacang dan lentil kaya magnesium dan serat larut yang membantu memperlambat pencernaan dan dapat memperbaiki respons gula darah pasca makan.

8. Kimchi dan Asinan Kubis

Makanan fermentasi ini mengandung probiotik dan nutrisi yang membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan regulasi gula darah.

9. Biji Chia

Biji chia kaya akan serat dan lemak sehat, yang dikaitkan dengan penurunan kadar gula darah dan peningkatan sensitivitas insulin.

Baca Juga: Ketahui Jenis Sayuran yang Dilarang untuk Penderita Asam Lambung, Ini 7 Daftarnya

10. Kale

Dikenal sebagai superfood, kale mengandung serat dan antioksidan yang menunjukkan potensi dalam menurunkan kadar gula darah.

11. Buah Beri

Penelitian menunjukkan bahwa buah beri seperti raspberry, stroberi, blueberry, dan blackberry bermanfaat dalam meningkatkan sensitivitas insulin dan mengatur kadar gula darah berkat kandungan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan.

Sebuah studi pada tahun 2019 menemukan bahwa mengonsumsi 2 cangkir raspberry merah dapat secara signifikan mengurangi insulin dan kadar gula darah pasca makan pada individu dengan pradiabetes.

12. Alpukat

Kaya akan lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral, alpukat dapat meningkatkan manajemen gula darah dan membantu melindungi terhadap sindrom metabolik.

13. Oat dan Dedak Gandum

Keduanya kaya akan serat larut yang telah terbukti mengurangi kadar gula darah. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi gandum dapat signifikan mengurangi HbA1c dan kadar gula darah puasa.

Baca Juga: Jangan Diabaikan, Ini 5 Alasan Gula Tidak Baik untuk Tubuh Anda

14. Buah Jeruk

Meskipun mengandung gula alami, buah jeruk memiliki indeks glikemik yang rendah hingga sedang dan kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Kandungan senyawa tanaman seperti naringenin dalam buah jeruk memiliki sifat antidiabetes yang kuat.

15. Kefir dan Yogurt

Produk susu fermentasi ini dikenal dapat membantu dalam pengaturan gula darah. Penelitian menunjukkan bahwa minum kefir yang kaya probiotik secara signifikan dapat mengurangi kadar gula darah puasa dan HbA1c.

16. Telur

Telur merupakan sumber protein, lemak sehat, dan nutrisi lain yang terkonsentrasi yang telah dikaitkan dengan manajemen gula darah yang lebih baik. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi telur secara teratur dapat mengurangi risiko diabetes.

Baca Juga: 10 Pengaruh Diabetes Pada Tubuh Anda, Simak Ulasannya di Sini

17. Apel

Diketahui mengandung serat larut dan senyawa tanaman, apel dapat membantu mengurangi kadar gula darah dan melindungi terhadap diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa makan apel sebelum makan dapat secara signifikan mengurangi gula darah pasca makan.

Itulah beberapa makanan penurun gula darah yang dapat Anda coba konsumsi. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News