Bugar

Beras Merah untuk Diabetes Atur Gula Darah, Ini Porsi yang Tepat untuk Dikonsumsi

Beras Merah untuk Diabetes Atur Gula Darah, Ini Porsi yang Tepat untuk Dikonsumsi

MOMSMONEY.ID - Beras merah telah lama dianggap sebagai pilihan makanan yang lebih sehat, terutama bagi penderita diabetes. Kaya akan serat dan rendah indeks glikemik, beras merah untuk diabetes dapat membantu mengatur kadar gula darah yang stabil.

Melansir dari Dokter Sehat, nasi putih memiliki indeks glikemik yang tinggi, yaitu lebih dari 70, yang berarti makanan tersebut dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Sebaliknya, beras merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah, di bawah 50, yang termasuk dalam kategori sedang. Ini menjadikannya pilihan yang lebih baik untuk penderita diabetes.

Selain memiliki indeks glikemik yang lebih rendah, beras merah juga kaya akan serat, yang telah terbukti secara signifikan mengurangi kadar gula darah pasca makan pada individu dengan obesitas dan diabetes tipe 2.

Baca Juga: 10 Makanan Pemicu Asam Lambung yang Sebaiknya Anda Hindari, Apa Saja?

Serat ini juga membantu memperpanjang rasa kenyang. Untuk perbandingan, beras putih mengandung sekitar 2 gram serat per 100 gram, sementara beras merah memiliki kandungan serat yang lebih tinggi, yaitu sekitar 3 gram.

Beras merah juga kaya akan nutrisi penting lainnya, termasuk vitamin B, zat besi, kalsium, dan zinc.

Studi telah menunjukkan, konsumsi dua porsi nasi merah oleh penderita diabetes tipe 2 dapat membantu menurunkan kadar gula darah pasca makan dan hemoglobin A1c, dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi nasi putih.

Penelitian lain menunjukkan bahwa konsumsi rutin nasi merah, setidaknya 10 kali per minggu, dapat meningkatkan fungsi sel endotel.

Baca Juga: Ketahui Jenis Sayuran yang Dilarang untuk Penderita Asam Lambung, Ini 7 Daftarnya

Meskipun tidak ada pedoman pasti tentang berapa banyak karbohidrat yang harus dikonsumsi, penting untuk mengatur jumlah total karbohidrat yang Anda makan.

Misalnya, jika target Anda adalah 30 gram karbohidrat per makan, Anda dapat membatasi porsi nasi merah Anda menjadi sekitar 1/2 cangkir (100 gram), yang mengandung sekitar 26 gram karbohidrat.

Untuk pelengkap, Anda bisa memilih lauk dengan kandungan karbohidrat rendah seperti dada ayam. Selain itu, penting juga untuk menambahkan nutrisi lain seperti protein tanpa lemak, lemak sehat, buah-buahan, dan sayuran dengan karbohidrat rendah.

Pilihan makanan ini tidak hanya memberikan asupan vitamin dan mineral yang lebih lengkap tetapi juga berperan dalam menjaga stabilitas kadar gula darah Anda. Demikianlah ulasan terkait beras merah untuk diabetes. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News