Bugar

Kerap jadi Lalapan, Intip Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan!

Kerap jadi Lalapan, Intip Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan!

MOMSMONEY.ID - Daun kemangi sering ditemukan sebagai salah satu jenis lalapan di berbagai hidangan Indonesia. Sebenarnya daun kemangi menyimpan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa, lo.

Tidak hanya menambah aroma dan rasa yang khas pada makanan, daun kemangi juga kaya akan nutrisi, vitamin, dan mineral yang penting untuk tubuh. Apa saja manfaat daun kemangi untuk kesehatan?

Merangkum dari laman Healthifyme dan Cleveland Clinic, berikut adalah beberapa manfaat daun kemangi untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui:

1. Sumber antioksidan yang baik

Kemangi merupakan sumber antioksidan yang baik, yang membantu melawan radikal bebas dan melindungi sel dari kerusakan yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis termasuk kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

Baca Juga: Pejuang Diet Catat! Konsumsi Sayuran yang Bagus untuk Diet Berikut Ini

2. Mencegah kanker

Kemangi mengandung fitokimia yang telah ditunjukkan untuk melindungi dari kanker kulit, paru-paru, mulut, dan hati. Penelitian menunjukkan bahwa kemangi dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

3. Menyehatkan pencernaan

Kemangi memiliki eugenol yang memberikan sifat anti-inflamasi, mendukung kesehatan sistem pencernaan, dan membantu menjaga keseimbangan pH yang tepat dalam tubuh.

Kemangi juga dapat membantu mengurangi sembelit dan memperbaiki kesehatan usus.

Baca Juga: Cara Menurunkan Kolesterol dengan Bahan Alami, Catat 7 Bahan Ini

4. Menyehatkan kulit

Kemangi memiliki minyak esensial yang membantu membersihkan kulit dari dalam, menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran, serta membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan komedo.

5. Manajemen diabetes

Kemangi dapat membantu mengelola diabetes dengan memperlambat pelepasan gula ke dalam darah, yang membantu dalam pengelolaan kadar gula darah.

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Intip Khasiat Rebusan Daun Sirsak untuk Kesehatan Anda

6. Anti-inflamasi

Kemangi memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat yang dapat membantu mengurangi inflamasi di seluruh tubuh. Ini bermanfaat untuk kondisi seperti arthritis, penyakit jantung, dan kondisi peradangan lainnya.

7. Mengobati depresi

Kemangi memiliki adaptogen, zat yang membantu tubuh beradaptasi dengan stres dan dapat membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan.

Baca Juga: Usia Tak Lagi Muda, Lakukan Tips Hidup Sehat di Usia 40 Tahun Berikut

8. Detoksifikasi

Kemangi meningkatkan aktivitas enzim detoksifikasi dalam tubuh, membantu menghilangkan racun, dan memurnikan darah yang mendukung kesehatan hati dan kulit.

9. Menyehatkan jantung

Kemangi memiliki senyawa seperti eugenol dan magnesium yang membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol, mendukung sirkulasi darah yang sehat, dan mencegah penyakit jantung.

Pengobatan tradisional Cina telah menggunakan kemangi selama berabad-abad untuk mengobati penyakit kardiovaskular. Hal ini juga didukung oleh penelitian yang menunjukkan kemampuannya dalam mengurangi hipertensi dan memperbaiki profil lipid.

Baca Juga: Begini Cara Mengobati Asam Urat di Jari Tangan Anda, Praktikkan ya

10. Mencegah infeksi

Sifat antibakteri dari kemangi membantu melawan berbagai infeksi termasuk infeksi kulit, saluran kemih, dan pernapasan, mendukung sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Itulah beberapa manfaat daun kemangi untuk kesehatan. Dengan berbagai manfaat kesehatan ini, tidak heran jika daun kemangi menjadi salah satu herbal yang sangat populer dalam pengobatan tradisional. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: East Ventures & Genesia Ventures Pimpin Pendanaan Baru US$ 1 Juta Untuk Runchise

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News