Bugar

Inilah Posisi Tidur saat Asam Lambung Naik yang Direkomendasikan

Inilah Posisi Tidur saat Asam Lambung Naik yang Direkomendasikan

MOMSMONEY.ID - Penderita asam lambung wajib tahu! Berikut ini posisi tidur saat asam lambung naik yang direkomendasikan.

Selain menyebabkan ketidaknyamanan, asam lambung naik juga bisa mengganggu kualitas tidur, karena gejalanya sering kali semakin parah saat berbaring.

Saat Anda berbaring, gravitasi tidak lagi membantu menjaga asam lambung tetap berada di perut. Pada posisi berbaring, terutama terlentang, asam lambung dapat dengan mudah naik ke kerongkongan.

Ini dapat memicu sensasi terbakar dan bahkan menyebabkan batuk, sesak napas, serta kesulitan tidur. Oleh karena itu, memilih posisi tidur saat asam lambung naik yang tepat dapat membantu mencegah atau meredakan gejala.

Baca Juga: Apa Saja Buah yang Menyebabkan Asam Lambung Naik? Intip 6 Jenisnya di Sini

Mengutip dari laman Halodoc, berikut adalah posisi yang direkomendasikan:

1. Miring ke kiri

Tidur miring ke kiri dapat mengurangi risiko naiknya asam lambung. Ini karena posisi perut berada di bawah kerongkongan, sehingga asam lebih sulit naik.

Jika asam lambung naik, gravitasi akan membantu cairan kembali ke perut lebih cepat dibandingkan saat tidur miring ke kanan.

2. Tidur dengan kepala disangga

Tidur dengan kepala ditopang oleh bantal agar lebih tinggi dari tubuh juga direkomendasikan. Posisi ini membantu cairan asam yang naik untuk lebih cepat kembali ke perut.

Baca Juga: Gejala Penyakit Asam Urat yang Paling Umum, Anda Wajib Tahu

Itulah beberapa posisi tidur saat asam lambung naik yang direkomendasikan. Selain mengatur posisi tidur, ada beberapa hal lain yang bisa dilakukan untuk mencegah atau mengurangi gejala asam lambung saat tidur:

  • Hindari makan besar sebelum tidur: Usahakan untuk tidak makan setidaknya 2-3 jam sebelum tidur agar perut memiliki waktu untuk mencerna makanan dengan baik.
  • Hindari makanan pemicu: Beberapa makanan seperti makanan berlemak, pedas, dan asam dapat memperburuk refluks asam. Cobalah untuk menghindari makanan ini, terutama pada malam hari.
  • Jangan langsung berbaring setelah makan: Setelah makan, sebaiknya duduk atau berdiri selama beberapa saat untuk memberi waktu bagi makanan turun ke perut dengan baik.
  • Pakai pakaian yang longgar: Hindari memakai pakaian ketat saat tidur, karena dapat memberi tekanan pada perut dan memicu refluks asam.

Semoga informasi terkait posisi tidur saat asam lambung naik ini bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News