Bugar

Gejala Penyakit Asam Urat yang Paling Umum, Anda Wajib Tahu

Gejala Penyakit Asam Urat yang Paling Umum, Anda Wajib Tahu

MOMSMONEY.ID - Cek di sini, yuk! Rupanya inilah beberapa gejala penyakit asam urat yang paling umum. Apa saja?

Penyakit asam urat terjadi ketika kadar asam urat dalam darah meningkat, yang kemudian mengkristal di dalam sendi. Ada berbagai gejala yang akan timbul akibat kondisi ini.

Menyadur dari Hello Sehat, di bawah ini adalah beberapa gejala penyakit asam urat yang paling umum dan penting untuk Anda ketahui:

1. Nyeri Sendi

Nyeri sendi adalah gejala umum dari kadar asam urat yang tinggi dalam darah. Nyeri ini disebabkan oleh kristal asam urat yang terbentuk di bawah kulit di sekitar sendi. Biasanya, nyeri ini terasa paling parah pada pagi hari dan semakin intens selama 4-12 jam setelahnya.

Baca Juga: Terapkan, yuk! Begini Cara Menghentikan Kecanduan Gula yang Efektif

2. Kulit Kemerahan di Sekitar Sendi

Peradangan akibat asam urat dapat menyebabkan kulit di sekitar sendi yang terkena menjadi merah. Ini disebabkan oleh peningkatan aliran darah ke area yang meradang.

3. Sendi Bengkak dan Lunak

Sendi yang terkena asam urat akan terlihat bengkak dan terasa lunak saat disentuh. Hal ini terjadi karena kristal asam urat yang tajam menyebabkan iritasi pada lapisan pelindung sendi.

4. Sendi Kaku

Pada kasus asam urat yang lebih parah, sendi bisa menjadi kaku dan sulit digerakkan,  terutama jika serangan asam urat sudah terjadi beberapa kali.

Baca Juga: Mengenali Manfaat Bayam untuk Asam Lambung, Disebut Bisa Meredakan Gejala

5. Sendi Terasa Panas

Persendian yang terkena asam urat juga bisa terasa panas atau seperti terbakar, yang merupakan bagian dari proses peradangan.

6. Tophi

Kristal asam urat bisa mengendap di bawah kulit dan membentuk benjolan kecil yang keras, disebut tophi. Tophi biasanya tidak sakit, tetapi bisa meradang dan menyebabkan rasa sakit.

7. Gejala Mirip Flu

Pada tahap lanjut, peradangan akibat asam urat bisa menyebabkan gejala mirip flu seperti demam, nyeri otot, dan kelelahan.

Baca Juga: Sehat dan Terjangkau, Ini Segudang Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh

8. Batu Ginjal

Kristal asam urat juga bisa terbentuk di saluran kemih dan menyebabkan batu ginjal, yang bisa sangat menyakitkan.

9. Nyeri Punggung atau Pinggul

Meskipun jarang, nyeri asam urat juga bisa dirasakan di punggung atau pinggul jika penyakitnya sudah menyebar ke sendi tulang belakang.

Nah, itulah beberapa gejala penyakit asam urat yang paling umum dan penting untuk Anda ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News