Bugar

Posisi Tidur yang Tepat, Cegah Asam Lambung Naik!

Posisi Tidur yang Tepat, Cegah Asam Lambung Naik!

MOMSMONEY.ID - Tak jarang penderita asam lambung mengalami kekambuhan saat tidur. Tahukah bahwa ternyata posisi tidur juga punya andil dalam hal ini, lo. Itulah mengapa memilih posisi tidur yang tepat adalah salah satu cara efektif untuk mencegah asam lambung naik. Lantas, posisi tidur untuk asam lambung yang tepat seperti apa, sih?

Hubungan Tidur dengan Asam Lambung Naik

Melansir dari Sleep Foundation, saat berbaring, hilangnya bantuan gravitasi membuat asam lambung lebih mudah naik ke kerongkongan sehingga meningkatkan risiko refluks.

Selama tidur, terutama dalam tahap tidur yang lebih dalam, produksi air liur menurun, yang mengurangi kemampuan alami tubuh untuk menetralkan asam lambung.

Selain itu, saat tidur, frekuensi menelan berkurang, sehingga mengurangi mekanisme alami yang membantu mendorong asam kembali ke perut.

Kondisi ini diperparah jika seseorang tidur segera setelah makan atau mengonsumsi makanan yang memicu GERD.

Baca Juga: Minuman Pereda Asam Lambung yang Efektif, Empas Gejala yang Mengganggu

Posisi Tidur untuk Asam Lambung yang Tepat

Seperti yang sudah disinggung di awal, posisi tidur yang tidak tepat juga bisa menjadi penyebab asam lambung naik. Untuk itu, Momsmoney menguraikan beberapa posisi tidur untuk asam lambung yang tepat sebagai berikut:

1. Tidur dengan Posisi Miring ke Kiri

Penelitian menunjukkan bahwa tidur dengan posisi miring ke kiri adalah yang terbaik untuk penderita asam lambung. Posisi ini membantu gravitasi menjaga asam lambung tetap di dalam perut, menjauhkannya dari esofagus.

Ini berbeda ketika tidur di sisi kanan, yang bisa memperburuk refluks asam karena posisi perut yang dapat memudahkan asam naik ke esofagus.

Baca Juga: Ini 5 Makanan yang Membuat Asam Lambung Naik, Hindari ya!

2. Mengangkat Bagian Kepala Tempat Tidur

Mengangkat bagian kepala tempat tidur sekitar 6 hingga 8 inci dapat membantu mencegah asam lambung naik. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan bantal khusus yang dirancang untuk GERD atau dengan menempatkan benda seperti blok atau bantal di bawah kaki ranjang di sisi kepala.

3. Hindari Posisi Tidur Tengkurap atau Telentang Tanpa Kepala Terangkat

Tidur tengkurap dapat menekan perut, yang dapat memaksa asam lambung naik ke esofagus. Sementara itu, tidur telentang tanpa kepala yang ditinggikan juga dapat memudahkan asam lambung naik karena posisi horizontal tubuh.

Jika Anda cenderung tidur dalam posisi ini, sangat disarankan untuk menggunakan bantal yang mengangkat kepala dan bagian atas tubuh.

Baca Juga: Yuk Konsumsi! Ini Daftar Buah yang Baik untuk Asam Lambung

Dengan mengimplementasikan posisi tidur untuk asam lambung yang tepat dan mengikuti kebiasaan tidur yang baik, Anda bisa meminimalkan risiko dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh asam lambung.

Membuat perubahan ini bersama dengan perubahan gaya hidup dan diet yang tepat dapat memberikan manfaat signifikan bagi penderita asam lambung. Ini juga akan membantu Anda mendapatkan istirahat malam yang lebih nyenyak dan sehat.

Selanjutnya: Ramalan Cuaca Besok di Yogyakarta akan Ada 2 Wilayah Diguyur Hujan di Pagi Hari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News