Bugar

Inilah Bahaya yang Mengintai Jika Konsumsi Minuman Manis Setiap Hari

Inilah Bahaya yang Mengintai Jika Konsumsi Minuman Manis Setiap Hari

MOMSMONEY.ID - Di tengah popularitas minuman kekinian, banyak dari kita yang mungkin tergoda untuk mengonsumsi minuman manis setiap hari. Namun, kebiasaan ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan, terlebih jika mengonsumsinya setiap hari.

Lantas, apa saja sih bahaya konsumsi minuman manis setiap hari?

Mengutip dari laman Kemkes, Vasanti Malik, seorang ilmuwan dari Departemen Gizi Harvard menyatakan bahwa konsumsi satu sampai empat porsi minuman manis sebulan meningkatkan risiko kematian sebesar satu persen.

Jika dikonsumsi dua hingga enam kali per minggu, risiko meningkat menjadi enam persen. Minum satu hingga dua minuman manis per hari meningkatkan risiko hingga 14%, dan dua atau lebih per hari meningkatkan risiko hingga 21%.

Baca Juga: 10 Kegiatan Sehari-hari yang Efektif Membakar Kalori Anda, Apa Saja?

Bersumber dari Healthline, di bawah ini adalah bahaya konsumsi minuman manis setiap hari bagi kesehatan Anda:

1. Penambahan Berat Badan

Minuman manis yang mengandung fruktosa meningkatkan rasa lapar dan tidak memberikan efek kenyang. Konsumsi minuman ini membuat Anda cenderung mengonsumsi lebih banyak kalori yang dapat menyebabkan penambahan berat badan dan obesitas.

2. Risiko Penyakit Jantung Meningkat

Konsumsi gula yang tinggi dikaitkan dengan faktor-faktor risiko penyakit jantung seperti obesitas, peradangan, dan trigliserida tinggi. Gula juga dapat meningkatkan risiko aterosklerosis, suatu kondisi yang mengakibatkan arteri tersumbat.

Baca Juga: Olahraga Ini Bantu Menurunkan Gula Darah Tinggi Anda, yuk Coba

3. Jerawat

Makanan atau minuman tinggi gula dapat meningkatkan risiko jerawat. Gula meningkatkan kadar gula darah dan insulin yang dapat meningkatkan produksi minyak dan memicu peradangan, sehingga memperburuk kondisi jerawat.

4. Diabetes Tipe 2

Konsumsi gula yang berlebih dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 melalui peningkatan berat badan dan resistensi insulin.

Baca Juga: 10 Makanan dan Minuman Penyebab Gula Darah Tinggi, Tak Hanya yang Manis lho

5. Kanker

Asupan gula yang tinggi dapat meningkatkan risiko kanker, terutama karena obesitas, peradangan, dan resistensi insulin.

6. Depresi

Terlalu banyak konsumsi gula juga dapat mempengaruhi suasana hati dan meningkatkan risiko depresi. Gula mempengaruhi inflamasi, resistensi insulin, dan fungsi neurotransmitter yang semua dapat mempengaruhi kesehatan mental Anda.

Baca Juga: Patut Waspada, Begini Gejala Gagal Ginjal yang Perlu Anda Ketahui

7. Penuaan Dini

Gula dapat mempercepat penuaan kulit dengan merusak kolagen dan elastin melalui proses yang disebut glikasi. Hal ini membuat kulit kehilangan elastisitas dan sebabkan munculnya keriput.

8. Penuaan Sel

Gula mempercepat pemendekan telomer, ujung pelindung pada kromosom yang bertindak sebagai penanda penuaan sel.

Baca Juga: Berikut 7 Rebusan Daun Penurun Gula Darah Secara Alami, Mau Coba?

9. Hati Berlemak

Asupan fruktosa yang tinggi, seperti dari sirup jagung fruktosa tinggi, dapat membebani hati dan menyebabkan penyakit hati berlemak nonalkohol.

10. Risiko Kesehatan Lainnya

Gula dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal, memperburuk kondisi gigi, meningkatkan risiko asam urat, serta menyebabkan penurunan kognitif.

Nah, itulah sejumlah bahaya konsumsi minuman manis setiap hari bagi kesehatan Anda. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Rupiah Spot Ditutup Menguat ke Rp 16.189 Per Dolar AS di Hari Ini (5/8)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News