Bugar

10 Kegiatan Sehari-hari yang Efektif Membakar Kalori Anda, Apa Saja?

10 Kegiatan Sehari-hari yang Efektif Membakar Kalori Anda, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Membakar kalori tidak selalu membutuhkan pergi ke gym atau melakukan latihan intensif. Kegiatan sehari-hari yang kita lakukan bisa secara tidak langsung membantu membakar kalori. Apa saja sih kegiatan sehari-hari yang efektif membakar kalori?

MomsMoney telah merangkumkan beberapa kegiatan sehari-hari yang efektif membakar kalori Anda tanpa Anda sadari. Bersumber dari laman Hello Sehat dan Alodokter, inilah daftarnya:

1. Membersihkan Rumah

Membersihkan rumah ternyata bisa menjadi olahraga ringan yang efektif. Saat menyapu, mengepel, atau membersihkan jendela, Anda bisa membakar sekitar 150-222 kalori setiap setengah jam. Ini tentunya bisa menjadi motivasi tambahan untuk membuat rumah Anda bersih dan rapi.

Baca Juga: Olahraga Ini Bantu Menurunkan Gula Darah Tinggi Anda, yuk Coba

2. Berbelanja

Kegiatan sehari-hari seperti berbelanja membutuhkan banyak berjalan dan mengangkat barang yang dapat membantu membakar kalori.

Berjalan di sekitar supermarket atau pasar tradisional merupakan bentuk aktivitas aerobik yang efektif. Sementara itu, mengangkat belanjaan bisa membantu memperkuat otot lengan dan bahu.

3. Berkebun

Berkebun tidak hanya memberikan kepuasan melihat hasil tanam Anda tumbuh, tapi juga merupakan aktivitas fisik yang baik. Mencangkul, menanam, dan merawat taman bisa membakar antara 250 hingga 500 kalori per jam.

Baca Juga: 10 Makanan dan Minuman Penyebab Gula Darah Tinggi, Tak Hanya yang Manis lho

4. Berjalan Kaki

Mengambil 10.000 langkah setiap hari tidak hanya memperkuat otot dan tulang, tetapi juga membantu membakar kalori. Anda bisa memulai dengan berjalan dari rumah ke supermarket atau berjalan-jalan di taman.

Berjalan kaki dapat membakar lebih dari 200 kalori dalam 30 menit, tergantung pada berat badan dan kecepatan berjalan Anda.

5. Berdiri

Jika Anda menghabiskan banyak waktu bekerja di meja, cobalah untuk berdiri sesekali. Berdiri dapat membakar 50% lebih banyak kalori daripada duduk.

Manfaatkan meja yang memungkinkan Anda bekerja sambil berdiri dan coba untuk bergerak setiap satu jam, seperti berjalan ke toilet atau hanya sekedar mengambil minum.

Baca Juga: Patut Waspada, Begini Gejala Gagal Ginjal yang Perlu Anda Ketahui

6. Naik-turun Tangga

Menggunakan tangga daripada lift atau eskalator adalah cara efektif lain untuk membakar kalori. Ini mungkin terasa melelahkan pada awalnya, tapi dengan latihan, Anda akan merasakan manfaatnya.

Anda bisa membakar sekitar 3–5 kalori per menit dengan naik tangga perlahan dan jumlah ini bisa meningkat jika Anda melakukannya lebih cepat.

7. Bersepeda

Mengayuh sepeda bukan hanya aktivitas yang menyenangkan, tapi juga efektif dalam membakar lemak dan karbohidrat dalam tubuh.

Bersepeda secara rutin dapat meningkatkan detak jantung, membangun otot, meningkatkan metabolisme, dan pada akhirnya menurunkan berat badan.

Baca Juga: Berikut 7 Rebusan Daun Penurun Gula Darah Secara Alami, Mau Coba?

8. Jogging

Jogging adalah bentuk olahraga kardio yang tidak hanya membakar kalori tetapi juga memperkuat jantung dan paru-paru. Jogging menggunakan banyak otot di tubuh, yang berarti kalori yang dibakar selama aktivitas ini cukup signifikan.

9. Berhubungan Intim

Berhubungan intim juga membantu membakar kalori, lho. Intensitas, durasi, dan jenis aktivitas selama hubungan intim dapat mempengaruhi jumlah kalori yang dibakar.

Baca Juga: Inilah 17 Makanan yang Dapat Menurunkan Gula Darah, Intip Daftarnya di Sini

10. Memasak

Tahukah Anda bahwa memasak selama 30 menit dapat membakar antara 75 hingga 111 kalori? Kegiatan memasak melibatkan berbagai gerakan seperti berdiri, memotong, mengangkat bahan makanan, dan berjalan yang semua itu dapat membantu membakar kalori.

Ditambah lagi, mencuci piring setelah memasak juga dapat menambah jumlah kalori yang terbakar.

Baca Juga: 7 Produk Eksfoliasi Wajah Terbaik yang Bisa Angkat Sel Kulit Mati

Nah, itulah beberapa kegiatan sehari-hari yang efektif membakar kalori Anda. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News