Bugar

Olahraga Ini Bantu Menurunkan Gula Darah Tinggi Anda, yuk Coba

Olahraga Ini Bantu Menurunkan Gula Darah Tinggi Anda, yuk Coba

MOMSMONEY.ID - Kadar gula darah tinggi atau hiperglikemia adalah kondisi yang sering dihadapi oleh mereka yang mengidap diabetes. Selain mengatur pola makan, olahraga teratur dapat menjadi salah satu cara efektif untuk mengontrol kadar gula darah. Ada sejumlah olahraga penurun gula darah tinggi yang dapat Anda coba, lho. Apa saja?

Merangkum dari laman Healthline dan GoodRX, di bawah ini adalah beberapa rekomendasi olahraga penurun gula darah tinggi:

1. Berjalan Kaki

Anda tidak perlu keanggotaan gym atau peralatan mahal untuk mulai berolahraga. Cukup dengan sepatu yang nyaman dan tempat aman untuk berjalan, Anda bisa langsung mulai.

Berjalan cepat selama 30 menit sehari, lima hari seminggu, dapat membantu menurunkan tekanan darah, kadar HbA1c, dan indeks massa tubuh bagi penderita diabetes tipe 2.

Baca Juga: 10 Makanan dan Minuman Penyebab Gula Darah Tinggi, Tak Hanya yang Manis lho

2. Berlari

Setelah mendapat persetujuan dari dokter, Anda bisa meningkatkan aktivitas dari berjalan menjadi berlari. Berlari bisa mengurangi risiko tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, dan kolesterol tinggi.

3. Bersepeda

Bersepeda baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru serta dapat meningkatkan keseimbangan dan postur Anda. Anda bisa mulai dengan sepeda biasa atau mencoba sepeda stasioner di gym. Bersepeda terbukti memberikan manfaat kesehatan bagi penderita diabetes.

Baca Juga: Patut Waspada, Begini Gejala Gagal Ginjal yang Perlu Anda Ketahui

4. Berenang

Olahraga air seperti berenang dan aerobik air adalah pilihan yang baik karena memberikan latihan kardio yang efektif tanpa membebani sendi. Penelitian menunjukkan bahwa olahraga air dapat menurunkan kadar gula darah.

5. Tarian Aerobik

Tarian aerobik seperti Zumba adalah olahraga yang baik untuk jantung dan juga dapat meningkatkan kebugaran serta membantu mengelola kadar gula darah.

Baca Juga: Berikut 7 Rebusan Daun Penurun Gula Darah Secara Alami, Mau Coba?

6. Yoga

Yoga menggabungkan gerakan, meditasi, dan teknik pernapasan yang membantu meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas, dan kekuatan.

Yoga tidak hanya membantu dalam mengelola gula darah dan berat badan, tetapi juga menurunkan tekanan darah dan memperbaiki kualitas tidur serta suasana hati.

7. Pilates

Pilates adalah olahraga yang menggunakan gerakan berulang dan kontrol napas untuk memperkuat inti dan meningkatkan keseimbangan serta postur. Penelitian menunjukkan bahwa Pilates dapat membantu penderita diabetes tipe 2 mengontrol glukosa darah mereka.

Baca Juga: Inilah 17 Makanan yang Dapat Menurunkan Gula Darah, Intip Daftarnya di Sini

8. Angkat Besi

Angkat besi dan latihan penguatan lainnya dapat membantu membangun massa otot, yang meningkatkan pembakaran kalori dan memperbaiki kontrol gula darah. Anda bisa menggunakan alat beban di gym atau benda berat di rumah.

9. Latihan dengan Resistance Band

Resistance band adalah alat serbaguna yang bisa digunakan untuk memperkuat otot. Latihan ini juga membantu dalam mengontrol gula darah. Anda bisa belajar cara menggunakannya melalui pelatih atau video online.

Baca Juga: Coba Konsumsi Minuman untuk Menurunkan Gula Darah Berikut Ini, Ada 6 Pilihan

Demikianlah beberapa olahraga penurun gula darah tinggi yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News