Santai

Ternyata Ini 6 Manfaat Buah Pisang Buat Kesehatan, Konsumsi Tiap Hari yuk

Ternyata Ini 6 Manfaat Buah Pisang Buat Kesehatan, Konsumsi Tiap Hari yuk

MOMSMONEY.ID - Sering dijadikan menu sahur dan berbuka puasa, sudah tahu manfaat pisang untuk kesehatan belum?

Buah pisang menjadi buah yang banyak dikombinasikan dengan jenis makanan lainnya bahkan di saat sahur dan berbuka puasa.

Walau banyak dikonsumsi masyarakat luas, namun tak banyak yang tahu beberapa manfaat mengonsumsi buah pisang bagi kesehatan.

Bagi yang belum tahu, berikut adalah beberapa daftar manfaat buah pisang bagi kesehatan.

Baca Juga: Apa Boleh Makan Mie Instan 2 Porsi Sekaligus? Cari Tahu Jawabannya di Sini

Memperlancar sistem pencernaan

Pisang juga merupakan buah yang kaya akan serat dan bisa membantu memperlancar sistem pencernaan. Pisang mengandung probiotik yang merupakan salah satu kandungan penting untuk meningkatkan kesehatan usus.

Selain itu, kandungan pectin pada pisang juga bisa mencegah munculnya sembelit.

Menjaga kesehatan jantung

Melansir dari laman Health Line, potasium adalah salah satu kandungan mineral yang penting bagi kesehatan jantung. Terutama, untuk membantu mengatur peredaran darah yang lancar.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa pisang adalah buah yang memiliki tinggi potasium. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung 10% potasium dan 8% magnesium yang juga penting untuk menunjang kesehatan jantung.

Baca Juga: Cek Jadwal Imsakiyah Bangkalan Selama Ramadan 2024 di Sini

Membangun otot

Manfaat lain dari pisang adalah bisa membantu untuk membangun otot. Itulah sebabnya mengapa pisang banyak dikonsumsi atlet maupun orang yang aktif berolah raga.

Pisang mengandung magnesium yang bisa membantu kontraksi otot dan sekaligus merelaksasinya. Proses fotosintesis protein pun juga bisa didukung dengan magnesium dalam pisang.

Mengurangi kolesterol jahat

Pisang mengandung phytosterols yang ternyata bermanfaat untuk melawan kolesterol jahat.

Pisang juga mengandung vitamin B6, yaitu vitamin yang penting bagi kesehatan jantung, sistem imunitas, sistem pencernaan, dan termasuk fungsi sistem saraf.

Baca Juga: 5 Negara Ini Punya Waktu Puasa Terlama di Dunia, Tertarik Kunjungi?

Meningkatkan mood

Buah pisang ternyata juga memiliki manfaat untuk meningkatkan mood baik. Laman Eat This Not That menjelaskan, pisang mengandung 6% vitamin B9 dari kebutuhan harian, yang juga dikenal dengan folate.

Kandungan ini bisa membantu untuk melawan depresi dengan meningkatkan kadar anti-depresan alami dari dalam tubuh. Serotonin pun juga bisa meningkat dengan rutin mengonsumsi buah pisang.

Penuh anti oksidan

Hampir semua buah dan sayur dikenal memiliki banyak kandungan anti oksidan, termasuk pisang. Pisang mengandung beberapa jenis anti oksidan seperti flavonoid dan amines.

Selain membantu menangkal radikal bebas, anti oksidan tersebut juga bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya.

Itulah tadi beberapa manfaat buah pisang yang ternyata baik dalam membantu menjaga kesehatan tubuh. Siapkan sebagai menu sahur dan berbuka puasa, yuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News